collapse

* Artikel Pilihan

Penulis Topik: kehendak Allah  (Dibaca 2069 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Sandy_dkk

kehendak Allah
« pada: Pebruari 06, 2014, 12:36:28 AM »
A: "bencana yang sekarang melanda di bumi, semua terjadi atas kehendak Allah, kita sebagai manusia hanya bisa ridho terhadap segala kehendak-Nya."

B: "tidak! bencana yang sekarang melanda bumi, adalah terjadi akibat perbuatan kita manusia sendiri. kita bisa membuat semua ini berakhir, dengan cara bersikap baik terhadap alam. ridho saja tidak cukup, harus disertai dengan usaha, maka semua bencana ini tidak akan terjadi lagi. "

A: "ya, ridho terhadap kehendak-Nya memang tidak akan menghentikan kehendak-Nya apa bila ia telah ditetapkan. ridho bukan untuk menghentikan bencana, tapi ia adalah bentuk keikhlasan terhadap semua yang terjadi. sementara berhenti atau tidaknya bencana, itu mutlak ketetapan Allah, jika Allah menghendaki terjadinya gempa, maka terjadilah ia. maka usaha apa yang bisa dilakukan manusia di bumi untuk mencegahnya?"

B: "Allah tidaklah berlaku zalim, jika manusia baik alam pun memberikan respon baik, jika buruk maka alam mengamuk."

A: "ketahuilah, bahwa setiap bencana yang terjadi di bumi, semua telah tertulis di Lauh Mahfudz, jauh sebelum manusia berlaku baik maupun buruk terhadap alam, setiap bencana telah dikehendaki-Nya dan ditetapkan sebagai sesuatu yang pasti terjadi. telah dicatat beserta tanggal dan jamnya, tak ada usaha apa pun yang dapat merubahnya."



percakapan diatas hanyalah ilustrasi, namun tidak bisa dipungkiri banyak diantara kita yang mempertentangkan antara "kehendak Tuhan" dan "akibat perbuatan manusia".

ada yang berpendapat, bahwa setiap yang terjadi mutlak kehendak Allah, manusia hanyalah wayang yang tak memiliki daya apa pun. termasuk amal2 yang dibuat manusia, baik maupun buruk, Allah lah yang menggerakkanya. termasuk terceburnya seorang ke dalam neraka, adalah mutlak kehendak Allah, manusia tak ada peran apapun, perbuatan buruk yang diperbuatnya tak bisa dihindari, nasibnya berada di neraka tak bisa di rubah lagi.

ada yang berpendapat, bahwa Allah hanyalah mencipta, sementara manusia setelah diciptakan akan menentukan sendiri jalan hidupnya, tak ada takdir neraka tak ada pula takdir surga, semua tergantung amal yang diusahakannya sendiri. amal buruk adalah murni perbuatan manusia, begitu pula dengan perbuatan baik. kehendak Allah hanyalah sebatas menciptakan makhluk, tidak turut menentukan amal apa yang akan dilakukan makhluk.


bagaimana teman2 menyikapi hal ini?
ketika malam ini saya mencuri misalnya, maka apakah ini mutlak kehendak Allah? apakah ni ketetapan-Nya yang tak bisa saya hindari?
atau apakah Allah sama sekali tidak menetapkan hal ini? apakah saya bisa memilih antara mencuri atau tidak mencuri? apakah kehendak Allah memiliki batas?
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Offline Sandy_dkk

Re:kehendak Allah
« Jawab #1 pada: Pebruari 06, 2014, 12:59:46 AM »
Kutip dari: Sandy_dkk
jika kita bersikap buruk terhadap alam, maka pastilah alam pun akan memberikan reaksi yang merugikan bagi umat manusia. ini adalah kehendak Allah, maka berbuatlah sebaik mungkin terhadap alam!


A: "jika sikap dan amal kita adalah kehendak Allah, maka apa gunanya ajakan untuk berbuat sebaik mungkin terhadap alam? semua amal dan bencana alam telah dicatat sebelum dilakukan! ajakan Sandy_dkk juga telah ditakdirkan Allah, yang sama sekali tak dapat mempengaruhi ketetapan-Nya terhadap terjadinya segala bencana!"

B: "jika berbuat baik akan menyebabkan bencana tidak terjadi, maka apa maksud dari 'ini adalah kehendak Allah'? amal manusia lah yang mepengaruhi terjadinya bencana alam, dan amal manusia ditentukan oleh kehendak manusia sendiri! pernyataan Sandy_dkk yang menyebutkan bahwa 'ini adalah kehendak Allah' adalah pernyataan yang berkebalikan dengan ajakannya untuk berbuat sebaik mungkin!


ah,,, lagi2 A dan B mempertentangkan antara "kehendak Allah" dan "akibat perbuatan manusia"!
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Offline ratna

  • Global Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 1862
  • Thanked: 2 times
  • Total likes: 15
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:kehendak Allah
« Jawab #2 pada: Pebruari 06, 2014, 12:07:26 PM »
bagaimana teman2 menyikapi hal ini?
ketika malam ini saya mencuri misalnya, maka apakah ini mutlak kehendak Allah? apakah ni ketetapan-Nya yang tak bisa saya hindari?
atau apakah Allah sama sekali tidak menetapkan hal ini? apakah saya bisa memilih antara mencuri atau tidak mencuri? apakah kehendak Allah memiliki batas?

Yang merupakan kepastian adalah Alloh pastilah telah mengetahui semenjak azali bahwa pada tahun hari jam menit detik saat kang Sandy mencuri beserta segala sesuatu terkait dengan pencurian itu
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9259
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 353
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:kehendak Allah
« Jawab #3 pada: Pebruari 06, 2014, 02:00:46 PM »
bukannya hal ini pernah dibahas pada artikel : > sinergi kehendak manusia dengan kehendak Allah ?
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
17 Jawaban
3408 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 25, 2015, 11:42:39 AM
oleh Monox D. I-Fly
6 Jawaban
4988 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 29, 2015, 02:26:56 PM
oleh Agate
0 Jawaban
1495 Dilihat
Tulisan terakhir April 28, 2013, 01:15:56 PM
oleh Abu Zahra
0 Jawaban
668 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 13, 2014, 04:33:54 PM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
1058 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 01, 2015, 07:19:13 PM
oleh Ziels
0 Jawaban
479 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 05, 2015, 05:45:22 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
731 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 06, 2015, 01:56:40 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
227 Dilihat
Tulisan terakhir September 13, 2016, 09:20:32 PM
oleh Sultan
0 Jawaban
21 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 07, 2017, 05:48:51 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
3 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 10, 2017, 08:08:38 AM
oleh comicers

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan