collapse

* Artikel Pilihan

Penulis Topik: Juru Bicara Resmi Al-Quran  (Dibaca 3232 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline A.R

Juru Bicara Resmi Al-Quran
« pada: Agustus 05, 2012, 04:53:07 AM »
Juru bicara al Quran

Mengapa orang-orang tidak percaya bahwa al-Quran harus memiliki juru bicara? Setidaknya harus diyakini bahwa diutusnya seorang Rasul adalah untuk menjadi juru bicara al-Quran. Setelah Rasul wafat, setidaknya mereka harus meyakini bahwa juru bicara alquran kepada generasi tabiin adalah generasi sahabat. Bagaimana generasi berikutnya bisa mengerti makna kandaungan al-quran, bila generasi sebelumnya tidak menjadi juru bicara al-Quran?

Jika saja juru bicara kitab itu tidak dibutuhkan, niscaya sekolah-sekolah atau pesantren-pesantern tidak membutuhkan kehadiran para guru, kecuali guru yang mengajarkan membaca huruf lain atau arab. Setelah itu, berikanlah saja buku-buku sebanyak-banyak dan biarkan para murid mempelajarinya sendiri-sendiri tanpa ada pihak berwenang yang menilai, sejauh mereka memahami buku-buku pelajaran itu? Nyatanya tidak demikian. Kehadiran para guru yang ahli dibidang pelajaran masing-masing adalah suatu keharusan. Apalagi alQuran, tentu ia membutuhkan juru bicara yang legal dan berkualitas sempurna.

Sekarang ini Allah (kitab al-quran) dan Rasul (kitab hadits)[1] bisa dibeli di toko-toko buku terdekat. Lalu orang yang membelinya bisa mempelajarinya secara otodidak, tanpa berlandas kepada pengajaran dari seorang guru yang sah, lalu dia menjadi juru bicara alQuran yang mursal. Dia mengajari orang-orang tentang makna kandungan alQuran, menganggap pihak lain yang tidak sefaham dengan keyakinannya sebagai pihak yang sesat, seakan-akan dia merupakan juru bicara alQuran yang sah. Padahal, dia sendiri belajar alquran secara otodidak, tanpa sertifikat “lulus uji” dari juru bicara resmi alQuran. Seharusnya dia bertanya, atas rekomendasi siapa dirinya  menjadi juru bicara alQuran?

Mereka berkata, “pada kami sudah ada kitab (Quran) dan Sunnah (hadits) yang sempurna, berisi penjelasan terperinci dan sangat jelas tentang segala aspek hukum yang harus dipatuhi, tidak lagi membutuhkan seorang juru bicara.” Ini adalah kesalahan fatal. Rasulullah pernah bersabda kepada para sahabat, “Belajarlah kalian pada ilmu al-Quran, sebelum kalian kehilangan dia.” Sahabat bertanya, “Bagaimana kami kehilangan dia, bukankah di tengah-tengah kami ada mushaf (al-Quran) ?” kemudian Rasulullah menjawab, “Celakalah kalian! Bukankah injil, taurat dan zabur juga berada di tengah-tengah kalian? Tapi ilmu tersebut diangkat dari tengah-tengah kalian karena diwafatkan pewarisnya.” (H.R At-Turmudzi)

Hadits tersebut mengindikasikan pentingnya seorang juru bicara al-Quran, yaitu ulama. Dan yang dimaksud dengan ulama dalam agama adalah pewaris para nabi, sehingga kalau orang yang belajar kitab agama dari buku yang dibeli di toko atau di pinggir jalan lalu mempelajarinya sendiri, tidaklah dapat disebut ulama, karena para nabi dan washi tidak pernah menunjuk dirinya sebagai pewaris al-Quran.

Tidak ada suatu zamanpun yang di situ tidak hidup “juru bicara resmi” al-kitab. Tetapi umat manusia selalu mengingkari dan mendzaliminya, bahkan membunuhi mereka sehingga umat sendiri yang akhirnya kehilangan ulama.

===============================

[1] karena sebagian orang menafsirkan kembali kepada Allah dan Rasul = kembali pada kitab alQuran dan kitab hadits, sedangkan kedua kitab itu dapat dibeli di toko buku terdekat, berarti Allah dan Rasul bisa dibeli di toko buku terdekat. Tentu ini adalah Logika yang salah, tetapi wajib diterima sebagai konsekuensi bagi mereka yang menafsirkan Allah-/Rasul = Quran – hadits. . 
================================
Ali Bin Abi Thalib berkata :

Dan tidaklah al Quran itu melainkan tulisan yang digoreskan di antara dua sampul. Ia tidak akan mengeluarkan kata-kata. Ia harus mempunyai juru bicara, sedangkan yang akan mewakilinya dalam berbicara adalah orang-orang. [40]

Dan orang-orang yang akan menjadi juru bicara tersebut adalah ahlulbait a.s.

[40] Bihar al Anwar, 92 : 110 dari Tafsir al Ayashi

Ali Umar Al-Habsyi, Dua Pusaka Nabi, Hal. 144




 

Offline wa2nlinux

Re:Juru Bicara Resmi Al-Quran
« Jawab #1 pada: Agustus 07, 2012, 08:56:41 AM »
Hanya yang berpengetahuanlah yang bisa menjelaskan Al Quran :

(Al Turmuzi berkata): Mahmud bin Gailan telah menceritakan kepada kami, (Mahmud berkata): Bisyr bin al Syariyy menceritakan kepada kami, (Bisyr berkata) : Sufyan menceritakan kepada kami dari 'Abd al A 'la dari Sa'id bin Jubair dari Ibn 'Abbas Ra, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: siapa yang mengatakan tentang (isi) al Qur'an dengan tanpa landasan pengetahuan, maka hendaklah ia menempati tempat dudukya dari api neraka"

(Abu Dawud berkata): `Abdullah bin Muhammad bin Yahya telah menceritakan kepada kami. (`Abdullah berkata): Ya`qub bin Ishaq al‑Muqri’ al‑Hadrami telah menceritakan kepada kami, (Ya`qub berkata): Suhail bin Mihran sudara dari Hazm al‑Quta`iy telah menceritakan kepada kami, (Suhail berkata): Abu `Imran telah menceritakan kepada kami dari Jundub, ia berkata; Rasulullah SAW bersabda: siapa menyatakan tentang (isi) kitab Allah `Azza wa Jalla dengan ra’yu‑nya lalu benar (hasilnya), maka sungguh ia telah bersalah.

Quran sudah memiliki penjelas dan penjelasanya di tanggung Allah
Surah Al-Furqaan (32,33)
Berkatalah orang- orang yang kafir:" Mengapa Al Qur'an itu tidak diturunkan kepadanya sekali turun saja"; demikianlah supaya Kami perkuat hatimu dengannya dan Kami membacakannya secara tartil ( teratur dan benar )(32)
Tidaklah orang- orang kafir itu datang kepadamu ( membawa ) sesuatu yang ganjil, melainkan Kami datangkan kepadamu suatu yang benar dan yang paling baik penjelasannya.( 33 )

Al-Qiyaamah(19)
Kemudian, sesungguhnya atas tanggungan Kami- lah penjelasannya.(19)


Sekarang siapa yang memiliki pengetahuan tentang Quran dan ditanggung benar oleh Allah penjelesannya :D
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9591
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Juru Bicara Resmi Al-Quran
« Jawab #2 pada: Agustus 07, 2012, 12:01:23 PM »
@wa2nlinux

apakah antum belum yakin bahwa penjelas al-Quran itu adalah para imam suci dari ahlul bait nabi?
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline wa2nlinux

Re:Juru Bicara Resmi Al-Quran
« Jawab #3 pada: Agustus 07, 2012, 12:45:49 PM »
Seperti yang pernah saya diskusikan dengan kang asep,  bahwa pencarian saya baru sampai Imam Ali, Hasan dan Husein ... maka dari itu saya terus mencari kang asep, dari internet dari buku dll, buku pusaka nabi yang kang asep baca, saya juga mencari dan membelinya kang, terima kasih banyak manfaat dari buku tersebut.
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9591
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Juru Bicara Resmi Al-Quran
« Jawab #4 pada: Agustus 07, 2012, 02:24:16 PM »
Seperti yang pernah saya diskusikan dengan kang asep,  bahwa pencarian saya baru sampai Imam Ali, Hasan dan Husein ... maka dari itu saya terus mencari kang asep, dari internet dari buku dll, buku pusaka nabi yang kang asep baca, saya juga mencari dan membelinya kang, terima kasih banyak manfaat dari buku tersebut.

alhamdulillah. saya turut gembira, bila antum telah memiliki buku tersebut.

jika ada hal-hal baru yang antum fahami dari buku tersebut, atau ada kritikan, atau ada komentar untuk bagian-bagian tertentu pada buku itu, silahkan posting di sini, agar lebih banyak orang yang turut membaca, apa yang telah kita baca.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Sandy_dkk

Re:Juru Bicara Resmi Al-Quran
« Jawab #5 pada: April 07, 2013, 10:51:45 PM »
segala sesuatu dijelaskan dalam Al-Qur'an.
keberadaan Imam Maksum, merupakan bagian dari segala sesuatu.
maka keberadaan Imam maksum dijelaskan dalam Al-Qur'an.
maka untuk mengetahui bahwa Imam Maksum itu ada, kita harus memahami penjelasan Al-Qur'an mengenai Imam Maksum tsb.
jika kita tidak memahami penjelasan Al-Qur'an mengenai Imam Maksum, maka kita tidak tahu bahwa Imam Maksum itu ada.
jika kita memahami penjelasan Al-Qur'an mengenai Imam Maksum, maka kita tahu bahwa Imam Maksum itu ada.
jika kita tahu bahwa Imam Maksum itu ada, maka kita bisa beriman kepada Imam Maksum.

jadi urutannya: memahami Al-Qur'an  >>  tahu mengenai Imam Maksum  >>  beriman kepada Imam Maksum.
maka bagaimana mungkin kita bisa beriman kepada Imam Maksum jika kita tidak memahami Al-Qur'an?

sedangkan kita juga tidak bisa memahami Al-Qur'an jika kita tidak beriman kepada Imam Maksum, karena dengan beriman kepada Imam maksum kita bisa menerima dan memahami penjelasan Imam Maksum, dan dengan memahami penjelasan Imam Maksum kita bisa memahami Al-Qur'an.
jadi urutannya: beriman kepada Imam Maksum  >>  menerima dan memahami penjelasan Imam Maksum  >>  Memahami Al-Qur'an.


jadi, urutan yang mana yang benar?
yang mana yang lebih dahulu? apakah beriman kepada Imam Maksum ataukah memahami Al-Qur'an


bagaimana kang Asep?

« Edit Terakhir: April 07, 2013, 11:00:47 PM oleh Sandy_dkk »
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
8 Jawaban
19337 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 20, 2013, 05:30:59 AM
oleh wa2nlinux
4 Jawaban
2572 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 03, 2013, 11:38:36 AM
oleh Abu Zahra
0 Jawaban
860 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 10, 2014, 07:36:21 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
774 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 30, 2014, 07:04:11 AM
oleh Kang Asep
2 Jawaban
1886 Dilihat
Tulisan terakhir November 13, 2015, 08:59:35 PM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
886 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 04, 2015, 08:54:31 PM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
772 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 23, 2015, 12:31:06 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
1152 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 22, 2015, 04:12:30 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
747 Dilihat
Tulisan terakhir April 10, 2015, 02:20:17 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
115 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 06, 2017, 04:49:16 AM
oleh Sultan

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan