collapse

* Artikel Pilihan

Penulis Topik: Harus Menggunakan Logika  (Dibaca 2050 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9202
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 342
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Harus Menggunakan Logika
« pada: Januari 25, 2012, 09:15:38 PM »
Jika kita berpikir, maka kita harus menggunakan logika. Kenapa?

Karena kita adalah orang yang sangat ingin berpikir dengan benar. Sedangkan setiap orang yang sangat menginginkan berpikir dengan benar, itu harus menggunakan logika. Jadi, kita harus menggunakan logika.

Muncul pertanyaan, apakah orang yang tidak pernah belajar ilmu logika berarti cara berpikirnya tidak bisa benar? Tidak juga. Seseorang dapat menggunakan logika dengan benar, kendatipun dia tidak pernah belajar logika. Tapi lebih banyak orang yang menyimpang cara berpikirnya, karena dia tidak mengerti logika. Dan lebih banyak orang memiliki cara berpikir yang benar, hanya setelah dia mepelajari logika. Kendatipun demikian, tidak berarti tidak ada orang yang tidak belajar logika yang  berpikir secara benar.

Orang yang dapat berpikir dengan benar, kendatipun dia tidak belajar logika, dia itulah orang yang suci atau disucikan. Mereka yang suci di dalam pikiran, perkataan dan perbuatannya, pikirannya tidak menyimpang. Dia tidak akan mengatakan hal-hal, kecuali yang benar.

Bersambung …..
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 
The following users thanked this post: yakubcahaya

Offline namarana

Re:Harus Menggunakan Logika
« Jawab #1 pada: Juni 24, 2016, 08:54:06 AM »
terimakasih banyak gan informasinya ... semuanya harus pakek logika yah gan

Offline Saban.jagung

Re:Harus Menggunakan Logika
« Jawab #2 pada: Juli 15, 2016, 03:37:38 PM »
Salam.
"Harus" tampaknya hanya berlaku untuk benda2 tak berkehendak. Batu dilempar "harus" jatuh ke bawah, alias mengikut gravitasi. Materi "harus" berinteraksi dg materi2 lain di sekitrnya. Dst. Dst.
Dalam hal manusia, "harus" itu mungkin hakikatnya gak ada, karena ia punya kehendak bebas, walau ada batas2nya. Apalagi dalam memakai akalnya. Berlogika atau nggak, itu suka2. Termasuk meski ia paham logika.
 

Offline Sandy_dkk

Re:Harus Menggunakan Logika
« Jawab #3 pada: Juli 16, 2016, 05:24:56 AM »
jika diperhatikan, pernyataan "kita harus menggunakan logika" adalah sebuah konklusi:
Kutip dari: Kang Asep
Karena kita adalah orang yang sangat ingin berpikir dengan benar. Sedangkan setiap orang yang sangat menginginkan berpikir dengan benar, itu harus menggunakan logika. Jadi, kita harus menggunakan logika.

tentu saja kita tidak perlu menyepakati sebuah konklusi jika kita tidak bisa bersepakat dengan premis2nya.

sekarang, premis yang mana yang tidak bisa disepakati oleh Saban.jagung?
apakah premis minor (kita adalah orang yang sangat ingin berpikir dengan benar)?
atau premis mayor (setiap orang yang sangat menginginkan berpikir dengan benar, itu harus menggunakan logika)?
atau keduanya?
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Offline Saban.jagung

Re:Harus Menggunakan Logika
« Jawab #4 pada: Juli 16, 2016, 05:50:52 AM »
Salam.
Kalo premis2nya disepakati benar, jelas konklusinyapun sama. Se7.
Dalam silogisme tsb premis mayornya, keknya semua orang bisa sepakat, setidaknya saya juga. Tapi premis minornya ndak begitu.
Kita adalah orang yg sangat ingin berpikir dg benar? Nda terbukti. Paling jauh yg bisa diklaim oleh seorang adalah ""Saya" adalah orang yang sangat ingin berpikir dg benar." Itupun kalo dia ndak munafik.
Ini faktanya. Kita adalah orang yg sangat ingin berpikir sesuai selera masing2.
Mohon koreksinya.
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9202
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 342
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Harus Menggunakan Logika
« Jawab #5 pada: Juli 16, 2016, 07:53:05 AM »
Anda ingin berpikir dengan benar atau tidak ?

jika "ya", maka apakah Anda tahu caranya ? jika Anda tahu caranya, berarti Anda harus menggunakan cara-cara tersebut.

apakah cara-cara tersebut merupakan "Logika" ? jika "bukan", maka Anda tidak harus menggunakan logika. dan jika Anda tidak tahu tata cara berpikir benar, maka saya akan mengajarkannya pada Anda. dan bila Anda sudah memutuskan untuk belajar,  itu artinya mau gak mau, suka gak suka, setuju atau tidak setuju, Anda harus menggunakan Logika.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Saban.jagung

Re:Harus Menggunakan Logika
« Jawab #6 pada: Juli 16, 2016, 09:58:18 AM »
Salam.
"Tuan Guru" (sy nda pake "yang terhormat" krn sy percaya anda bukan orang yang mengalami krisis kehormatan sehingga berharap sapaan tsb) tolong koreksi contoh silogisme sy berikut.
Dunia adalah fana, maksudnya akan berlalu. Akhirat adalah selamanya, nantinya. (Setidaknya begiu yang ada dalam pahaman saya) Kebahagiaan akhirat ribuan kali (atau mungkin jutaan, atau miliaran), yakni jauh lebih intens, dari kebahagiaan dunia. Siksa akhirat demikian pula. Hal yang berlaku selamanya dan jauh lebih intens lebih layak untuk diutamakan. Jadi, dunia lebih diutamakan dari akhirat.
Dalam tataran pahaman anak kecil juga akan tahu kalo konklusi ini salah.
Dalam tataran praktis, siapa yg tahu? Masing2 orang lebih tahu.
Monggo.
 

Offline yakubcahaya

Re:Harus Menggunakan Logika
« Jawab #7 pada: Oktober 10, 2017, 01:05:48 PM »
terimakasih banyak motivasinya kang.. sungguh luar biasa. setuju banget logika itu penting dalam segala kegiatan, termasuk bisnis. selain itu bisa juga coba tips lainnya untuk menunjang perkembangan bisnis, contohnya kayak di sini. semoga bermanfaat!
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
914 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 25, 2012, 09:17:02 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
6551 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 05, 2012, 04:14:12 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
1520 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 07, 2012, 02:58:44 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
1459 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 13, 2013, 05:42:55 PM
oleh Kang Asep
2 Jawaban
508 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 06, 2015, 07:25:52 AM
oleh Akang
0 Jawaban
650 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 14, 2016, 09:58:01 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
399 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 25, 2016, 01:42:28 PM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
291 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 16, 2016, 11:18:19 AM
oleh kang radi
0 Jawaban
207 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 28, 2016, 11:33:46 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
347 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 02, 2016, 07:29:55 PM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan