collapse

* Artikel Pilihan

Penulis Topik: Bisnis Toko Online  (Dibaca 2161 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9591
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Bisnis Toko Online
« pada: Juni 21, 2012, 05:49:20 PM »
Sekarang ini sudah zaman serba digital. Mulai dari transaksi bank hingga beli permen, bisa dilakukan secara online. Mau bayar ini, bayar itu, tidak perlu pergi jauh dari rumah, tinggal ambil laptop, dan transaksipun beres.

Transaksi online memang belum bisa menggantikan seluruh jenis transaksi. Masih banyak hal yang tidak bisa dilakukan dengan transaksi online. Tetapi, transaksi online merupakan salah satu pilihan yang cukup banyak dipilih. Sebagian besar masyarakat kita memang tidak terlalu suka dengan belanja online. Tetapi, jumlah “sebagian kecil” dari masyarakat yang menjadi pengguna transaksi online adalah terhitung banyak. Hal ini terbukti dengan semakin menjamurnya toko-toko online.

Para pengusaha mulai melirik bisnis toko online, karena informasi dan pengakuan dari pengusaha-pengusaha toko online yang telah sukses menjadi salah satu motivator bagi para calon pengusaha bisnis online. Tentu saja, apabila kitapun tertarik dengan bisnis online seperti itu, jangan tergesa-gesa, melainkan harus terlebih dahulu melakukan banyak pertimbangan dan penyelidikan. Karena selain memiliki banyak kelebihan, bisnis online juga memiliki banyak kekurangan. Jika usaha bisnis online dalam segala sisi lebih menguntungkan, tentu toko-toko besar seperti Borma, Griya, Gramedia, dll, mereka akan menutup toko non-online mereka dan cukup menjadikannya sebagai bisnis online saja. Tetapi, mereka tetap membuka usaha non online, dan membuka toko online untuk melengkapi usaha mereka, menjaring para konsumen pengguna transaksi online.

Tidak ada pengusaha besar yang mengabaikan kesempatan menjaring konsumen secara online. Paling tidak, mereka mempublikasikan produk mereka melalui internet, kendatipun tidak melayani transaksi lewat internet. Adanya website perusahaan, seakan menjadi keharusan untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi dan prestise. Kita dapat melihat contoh, bagaimana perbankan mempergunakan internet di dalam transaksi para nasabah.
 

Bisnis online tidak hanya terbuka bagi mereka para pengusaha yang memiliki modal besar. Bahkan mereka yang modalnya sangat minim sekalipun dapat terjun dan memulai bisnis online ini. Salah satu kelebihan bisnis online adalah, tidak membutuhkan modal besar untuk membangun sebuah toko online. Dapat dikatakan, hanya dengan modal Rp. 3.000,- saja, kita sudah bisa membuat sebuah toko online. Dengan uang segitu, kita dapat pergi ke warnet, dan dalam satu jam toko online kita sudah jadi. Bayangkan, kalau di dunia nyata, bagaimana mungkin uang tiga ribu perak bisa membangun sebuah toko? Tapi di dunia maya., ternyata hal itu dapat dilakukan. Tentunya, apabila kita memiliki modal yang lebih besar, berarti kita bisa membangun toko online yang lebih megah lagi.

Mereka yang merasa tidak mempuanyai barang apapun yang dapat dijual, , dan tidak memiliki modal untuk stok barang toko, tidak berarti tidak dapat berjualan, karena di toko online, yang diperlukan adalah gambar dan informasi produk yang hendak dijual. Kita dapat menawarkan produk apa saja, tanpa kita harus memiliki stok barang terlebih dahulu. Yang terpenting adalah kita tahu, bagaimana kita dapat menyediakan barang itu apabila transaksi sudah terjadi. Misalnya, bila tetangga kita jual kerupuk. Maka kita tawarkan kerupuk itu di toko online kita. Kalau pengguna online ada yang memesan, baru kita beli kerupuk itu dari tetangga kita untuk kita kirimkan kepada si pemesan itu. Tentunya, harga jual disesuaikan, agar kita memperoleh laba yang pantas.
Kendatipun dengan modal usaha yang minim, tetapi dalam mengelola toko online, tentunya diperlukan pengetahuan. Di sini, yang kita perlukan adalah “kemauan belajar”. Dengan semangat, kemauan dan ketekunan, kita dapat mengharapkan kemajuan dalam usaha toko online kita. Paling tidak, kita perlu tahu bagaimana cara “masuk toko”, “keluar toko”, “menerima pesanan”, “mengirim pesanan”, “membayar” dan “menerima pembayaran” secara online. Sebenarnya, bagi mereka yang sudah terbiasa dengan internet, hal itu mudah dilakukan. Bahkan hal itu dapat dipelajari secara singkat, oleh mereka yang sama sekali belum mengenal dunia internet.

Untuk membuat toko online sendiri, diperlukan pengetahuan tentang “tehnik pembuatan website”. Tapi ada alternatif lain yang lebih mudah, yaitu dengan bergabung di toko online yang sudah ada. Salah satu contohnya adalah tokopedia.com.

 

Tokopedia.com adalah situs tempat jual beli segala jenis barang, mulai dari barang eletronik, perlatan rumah tangga, perhiasan, busana, buku, dll. Toko online ini dapat menjadi pilihan “tempat belanja” dan sekaligus “membuka lapak sendiri” untuk kita berjualan. Hal ini ibarat kita masuk ke dalam sebuah super market, di mana di situ banyak sekali produk barang yang bisa kita pilih dan kita beli. Di samping itu juga, super market tersebut menyediakan banyak ruang kosong yang disediakan bagi kita, seandainya kita mau berjualan juga di super market tersebut. Ini kan asyik.

Sebenarnya, barang yang ditawarkan di tokopedia.com itu adalah apapun yang bermanfaat. Tapi, alangkah lebih baiknya apabila kita menjual produk-produk yang unik. Kalau yang kita tawarkan adalah kerupuk biasa, maka tentu orang tidak akan tertarik untuk membeli, dan lebih memilih membelinya saja di warung depan rumah. Sedangkan produk yang unik dan menarik, seakan orang lain tidak dapat menemukan produk barang itu, kecuali di toko online milik kita itu. Nah, barang unik seperti inilah yang lebih tepat untuk dipajang di etalase toko online seperti tokopedia.com.

Kalau tetangga sebelah jualan kerupuk, bolehlah kita jualan keripik. Seperti itu pula prinsipnya penawaran produk di dunia online. Tidak ada larangan untuk menjual produk serupa di tokopedia.com, tetapi konsep penjualan produk unik itu semata-mata untuk membuat toko online kita menarik di mata konsumen. Untuk mengecek, apakah produk yang hendak kita jual sudah ditawarkan orang lain, mudah dilakukan di tokopedia.com, yaitu dengan mengetikan nama produk di kolom pencarian. Dengan begitu, kita tahu, berapa banyak toko lain, menawarkan produk serupa dengan yang hendak kita tawarkan. 

Dengan bergabung di tokopedia.com, kita memperoleh beberapa keungggulan dibanding bila kita membangun toko online sendiri. jika tidak banyak jenis barang yang kita tawarkan, maka kita lebih sulit menjangkau pembeli, kemungkinan toko kita akan sepi pengunjung. Tapi, dengan bergabung di tokopedia.com, kita menawarkan satu dua jenis barang diantara ribuan jenis barang yang ditawarkan oleh penjual yang lain. Banyaknya ragam barang, itulah yang lebih menarik pengunjung untuk datang. Lebih banyak pilihan bagi pengunjung, maka itu semakin menarik minat pembeli untuk berkunjung. Dan produk yang kita tawarkan, semakin menambah ramainya super market online tersebut, dan memungkinkan barang-barang yang kita tawarkan menjadi salah satu pilihan yang dibeli oleh pengunjung.

Keunikan lain di tokopedia.com adalah, setiap pengunjung yang datang diperbolehkan membuka lapak untuk berjualan. Setiap pembeli, boleh menjadi penjual. Setiap penjual, juga boleh menjadi pembeli. Kita dapat mengajak orang lain untuk bergabung dan berjualan di tokopedia.com. Dengan semakin banyaknya orang yang “buka toko”, berarti juga semakin banyaknya konsumen.

Bagi orang yang belum pernah berbelanja secara online, mungkin bisa mencoba belanja di tokopedia.com ini, sehingga tahu bagaimana rasanya berbelanja online. Kita bisa melihat-lihat barang yang kita sukai, lalu memilih barang yang ingin dibeli, masukan ke dalam keranjang belanja, lakukan transaksi pembayaran, kemudian tinggal menunggu, barang itu akan segera dikirimkan ke rumah kita.

Sebagaimana berbelanja di dunia nyata, berbelanja di dunia maya juga perlu kehati-hatian. Karena penipuan tidak hanya terjadi di dunia nyata, tapi juga di dunia maya. Ada tips aman berbelanja online,  salah satunya adalah sebagai berikut :
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9591
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Bisnis Toko Online
« Jawab #1 pada: Juni 21, 2012, 05:50:31 PM »
10 Tips Aman Berlenja Online

 

KOMPAS.com - Sebuah studi yang dilakukan oleh Forrester melaporkan bahwa pada saat-saat menjelang liburan, konsumen yang berbelanja secara online meningkat.

Yang senang bukan cuma situs-situs web jualan, tapi juga para “garong digital” Karena semakin banyak transaksi, semakin besar pula kemungkinan mereka mendapat apa yang mereka inginkan.

Bagaimana agar terhindar dari gangguan para penjahat tersebut? Inilah 10 panduan aman melakukan jual-beli online:

1. Lakukan riset terhadap situs web tempat Anda berbelanja
Tips ini harus dilakukan kalau Anda berbelanja seperti pakaian online di situs web yang Anda sendiri kurang familiar. Periksa nomor telepon si penjual dan hubungi.

Kalau tidak meyakinkan, kunjungi mesin pencari Google atau Yahoo kemudian masukkan nama situs web itu. Carilah ulasan dari konsumen mereka. Kalau ada yang tidak beres, sudahlah, tinggalkan saja situs web itu.

2. Baca baik-baik kebijakan situs web terhadap data pribadi Anda
Jangan sampai di kebijakan itu ada poin yang menyebutkan kalau pengelola situs web boleh memberikan data pribadi ke pihak lain.

Baca juga kebijakan pengembalian barang. Karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik, harus ada garansi kalau barang yang dikirim cacat, Anda boleh mengirim barang cacat itu kembali dan tentu saja diganti dengan barang baru atau uang Anda kembali.

Periksa juga siapa yang membayar pengembalian barang itu.

3. Periksa paket barang dengan membaca deskripsi produk baik-baik.
Curigailah pada barang bermerek yang dijual dengan potongan harga yang sangat besar.

4. Jangan mudah tergoda barang murah
Jangan buru-buru jatuh cinta pada tawaran barang dengan harga murah yang datang dari e-mail, apalagi meminta ID dan password tanpa izin dari pemilik e-mail. Itu biasanya kerjaan spammer.

Tapi hati-hati, spammer bisa juga merayu. Ia mengirim e-mail yang seolah-olah datang dari perusahaan baik-baik. Sebaiknya, kunjungi situs web perusahaan baik-baik itu dan langsung belanja darisana. Jangan via e-mail atau jendela pop-up.

5. Cari tanda kalau situs web itu aman
Tanda itu biasanya berupa gambar gembok di baris status (status bar) browser. Sebelum memasukkan informasi pribadi, periksa tanda itu ada.

Ketika Anda diminta untuk memasukkan informasi pendaftaran nomor kartu kredit, lihat alamat situs web. Harusnya alamat situs web berubah dari http ke 'shttp' atau 'https'. Artinya informasi pembayaran itu dienkripsi, lebih amanlah pokoknya.

6. Amankan PC Anda
Minimal PC Anda harus punya antivirus. Lebih baik lagi kalau punya anti spyware dan firewall. Ingat, peranti lunak keamanan itu harus di-update secara teratur agar PC terlindung dari ancaman terbaru. Baiknya, atur saja proses update secara otomatis.

7. Pertimbangkanlah cara pembayaran
Pembayaran biasanya dilakukan dengan kartu kredit. Dengan kartu kredit, Anda punya bukti kuat kalau Anda sudah melakukan transaksi kalau barang tidak diantar atau tidak sesuai pesanan.

Tapi, karena banyaknya pencurian nomor kartu kredit, pembayaran dengan menggunakan sistem seperti PayPal, Transfer Kirim, atau COD boleh dipertimbangkan.

8. Periksa harga total.
Harga barang, plus ongkos bungkus, plus ongkos kirim, mudah-mudahan ada diskonnya. Bandingkan harga total dari suatu situs web dengan situs web lain.

9. Simpan bukti transaksi
Termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, dan juga salinan e-mail antara Anda dengan penjual.

10. Matikan PC Anda setelah transaksi
Kalau PC dinyalakan terus, bisa saja sudah ada garong yang sudah menanamkan malware, mengambil alih kendali PC dan melakukan transaksi.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
1541 Dilihat
Tulisan terakhir November 21, 2015, 09:09:55 PM
oleh Monox D. I-Fly
2 Jawaban
981 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 24, 2015, 11:11:49 PM
oleh !0A1onsiun
0 Jawaban
273 Dilihat
Tulisan terakhir April 25, 2015, 07:45:45 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
388 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 26, 2015, 02:00:17 PM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
519 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 15, 2015, 09:46:13 PM
oleh Monox D. I-Fly
2 Jawaban
409 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 14, 2016, 01:35:22 AM
oleh SHABRI
1 Jawaban
579 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 15, 2016, 11:29:19 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
160 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 19, 2016, 10:35:21 AM
oleh Kang Asep
3 Jawaban
192 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 02, 2017, 03:48:41 AM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
75 Dilihat
Tulisan terakhir April 14, 2018, 05:22:24 PM
oleh flair666

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan