collapse

* Artikel Pilihan

Penulis Topik: Bahasa Logika sering gagal untuk komunikasi  (Dibaca 3429 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline filsufsufi

Bahasa Logika sering gagal untuk komunikasi
« pada: Oktober 11, 2012, 02:24:02 PM »
Quote (selected)
Seringkali orang enggan untuk berbicara atau diajak bicara dengan menggunakan bahasa logika, karena menanggap bahasa logika itu adalah bahasa yang kaku, rumit, berbelit-belit dan berputar-putar. Kadang seorang logicer tampak berbicara berputar-putar ke persoalan yang sama, seperti yang dilakukan oleh Socrates.  Padahal sebenarnya tidak demikian. Tetapi, seorang Logicer gemar berbicara secara mendetail dan terperinci sampai kepada unsur terkecil yang disebut dengan atom-atom logic. Gaya bicara ini seringkali sulit diikuti oleh umat awam.

Tapi, seorang logicer dapat mempermudah bahasa yang dia gunakan dengan cara menyajikan bahasa logika yang benar-benar bertahap, pertanyaan-pertanyaan sederhana yang mudah dimengerti. Kadang-kadang kesulitan umat awam disebabkan si pemikir logic menyampaikan pengetahuan dengan bahasa logika yang tidak disesuaikan dengan taraf berpikir si pendengar. Seharusnya si pemikir logic mampu menyelami sampai di mana tahap pemikiran orang lain, dan bahasa logika yang digunakan benar-benar harus disesuaikan dengan taraf pemikiran tersebut. Jika tidak, maka kita akan menemui kegagalan dalam komunikasi.
Contohnya gimana? soalnya saya baca tulisan anda kadang memang berputar-putar, apa karena kesalahan anda tidak mampu menyelami sampai dimana tahap pemikiran orang lain atau bahasa logikanya yang terlalu tinggi

Tapi maaf, saya tidak pernah 'merasa' bahasa logika atau 'redaksi kalimat' anda terlalu tinggi, tapi bagi saya, yang seharusnya bisa disampaikan pendek saja tidak panjang kenapa jadi panjang, ini lah yg nampaknya berputar-putar dan membosankan, ketika kalimat baru start di A otak saya sudah langsung sampai di Z mungkin...hehehe, tapi saya salut dengan anda dapat mengurai A sd Z, walau pun sering 'di antara A-Z' itu gak perlu...hehe

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9585
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Bahasa Logika sering gagal untuk komunikasi
« Jawab #1 pada: Oktober 11, 2012, 03:13:13 PM »
Kutip dari: filsufsufi
Contohnya gimana?

contohnya, perkataan, "untuk memahami sejauh mana tahapan pemikiran orng lain, maka mulailah dengan pertanyaan sederhana."

Quote (selected)
soalnya saya baca tulisan anda kadang memang berputar-putar, apa karena kesalahan anda tidak mampu menyelami sampai dimana tahap pemikiran orang lain atau bahasa logikanya yang terlalu tinggi

ada dua kemungkinan :
pertama : saya tidak mampu menyelami tahap pemikiran orang lain
kedua : bahasa logikanya terlalu tinggi

yang mana dari dua kemungkinan tersebut yang menjadi sebab perkataan saya berputar-putar? sayapun tidak mengetahui jawaban pertanyaan ini.


Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline filsufsufi

Re:Bahasa Logika sering gagal untuk komunikasi
« Jawab #2 pada: Oktober 22, 2012, 11:22:52 AM »
^lalu bagaimana biar berhasil, tidak berputar-putar dan sulit diikuti umat awam seperti katanya :

Kadang seorang logicer tampak berbicara berputar-putar ke persoalan yang sama, seperti yang dilakukan oleh Socrates.  Padahal sebenarnya tidak demikian. Tetapi, seorang Logicer gemar berbicara secara mendetail dan terperinci sampai kepada unsur terkecil yang disebut dengan atom-atom logic. Gaya bicara ini seringkali sulit diikuti oleh umat awam.


bagaimana caranya dan contohnya spy tidak sulit or membosankan umat awam spt saya ini ?
 

Offline ratna

  • Global Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 1862
  • Thanked: 2 times
  • Total likes: 22
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Bahasa Logika sering gagal untuk komunikasi
« Jawab #3 pada: Oktober 22, 2012, 05:25:25 PM »
^ biar gak membosankan gampang kang fil, caranya kang asep suruh bikin topik yang hot, bikin atmosfirnya nyang hangat menggairahkan, terus bikin bahasannya nyang merangsang gitu...he..he..he..
 

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9585
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Bahasa Logika sering gagal untuk komunikasi
« Jawab #4 pada: Oktober 22, 2012, 08:17:02 PM »
^lalu bagaimana biar berhasil, tidak berputar-putar dan sulit diikuti umat awam seperti katanya :

Kadang seorang logicer tampak berbicara berputar-putar ke persoalan yang sama, seperti yang dilakukan oleh Socrates.  Padahal sebenarnya tidak demikian. Tetapi, seorang Logicer gemar berbicara secara mendetail dan terperinci sampai kepada unsur terkecil yang disebut dengan atom-atom logic. Gaya bicara ini seringkali sulit diikuti oleh umat awam.


bagaimana caranya dan contohnya spy tidak sulit or membosankan umat awam spt saya ini ?

ya harus menggunakan converter bahasa logika ke bahasa sastra. jadilah puisi atau cerpen. itulah yang mudah difahami oleh umat awam.

seperti, orang tua melarang anak-anaknya membuang-buang nasi. kenapa? logikanya, ya nasi itu mahal, dibeli pake uang. susah payah orang tua mencari nafkah, masa anak-anak maen buang begitu aja. tapi kan susah kalo ngomong ke anak kecil pake bahasa logika orang tua begitu. lebih mudah bilang, "nak, jangan buang-buang nasinya, nanti nasinya menangis." itu namanya gaya bahasa personifikasi, memperumpamakan nasi kepada manusia yang bisa menangis untuk menyentuh perasaan iba anaknya. sebenarnya yang nangi bukan nasinya, tapi bapaknya, karena biaya bulanan bisa overload. :D. nah, begitulah kira-kira konversi bahasa logika ke sastra. maka di forum ini dsediakan board sastra, buat yang udah "mabok" dengan logika.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
1688 Dilihat
Tulisan terakhir September 26, 2012, 10:16:34 PM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
870 Dilihat
Tulisan terakhir September 16, 2014, 05:10:33 PM
oleh kang radi
0 Jawaban
827 Dilihat
Tulisan terakhir November 12, 2014, 11:51:01 AM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
1147 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 15, 2015, 10:05:19 AM
oleh Monox D. I-Fly
4 Jawaban
1234 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 12, 2015, 07:04:02 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
752 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 09, 2015, 04:41:13 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
193 Dilihat
Tulisan terakhir April 10, 2017, 09:15:20 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
170 Dilihat
Tulisan terakhir April 22, 2017, 04:55:43 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
81 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 08, 2018, 10:52:59 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
44 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 09, 2018, 12:28:13 AM
oleh atep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan