collapse

* Artikel Pilihan

Penulis Topik: Apakah Mitos Telinga Panas sekedar Mitos Atau Ilmiah?  (Dibaca 31218 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline patriana

Apakah Mitos Telinga Panas sekedar Mitos Atau Ilmiah?
« pada: Mei 22, 2013, 08:38:40 PM »
Sebagaimana yang sering dikatakan bahwa kalau kuping tiba-tiba merasa panas, artinya ada yang sedang membicarakannya. percayakah dengan mitos ini? saya pribadi antara percaya atau tidak..

Tapi saya mengalami cerita yang menarik soal mitos ini.. ceritanya begini..
Pagi-pagi saya ketemu ibu kos :
#bu entar malem ya bayar kos soalnya belum ngambil, ibu disini sampai malem kan?
@iya
#kira-kira sampai jam berapa?
@sampai jam 8 (malam) ibu tungguin, soalnya ibu harus balik ke kampung
#oke bu insyaallah.

Sampai sore hari saya begitu lupa dengan janji diatas, masuk waktu ba'da isya tiba-tiba kuping saya panas sebelah, saya heran, sampai akhirnya saya pulang 9:30 malam, sampai dikos baru kaget massyaallah, ibu kos kan nungguin jam 8 saya cari sudah pulang, pantesan tadi kuping panas, jangan-jangan ibu kos marah2 (@bela2in ditungguin)..

Menurut pendapat anda apakah ini sekedar mitos ataukah ada penjelasan ilmiahnya?
 

Offline ratna

  • Global Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 1862
  • Thanked: 2 times
  • Total likes: 22
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Apakah Mitos Telinga Panas sekedar Mitos Atau Ilmiah?
« Jawab #1 pada: Mei 23, 2013, 11:50:11 AM »
Coba pakai logika induksi aja kang..

Panasnya kuping itu bisa diakibatkan oleh beberapa sebab, diantaranya:

- Sebab terkena cahaya matahari disiang hari
- Sebab badan meriang panas dingin
- Sebab suatu penyakit diarea kuping
- Sebab kelamaan pakai helm
- Sebab terkena hantaman sesuatu
- ...... :)

Nah tinggal diperiksa satu persatu, kemudian disisihkan yang bukan menjadikannya sebab. Kemudian jikalau tidak ditemukan sebab apapun secara fisika, ada kemungkinan sebab yang ditimbulkan adalah dari metafisika...?
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9589
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Apakah Mitos Telinga Panas sekedar Mitos Atau Ilmiah?
« Jawab #2 pada: Mei 23, 2013, 11:52:08 AM »
^ tidak tahu

saya tidak ingat pernah mengalami panas kuping, kecuali waktu kecil. dan setelah dewasa, tidak pernah lagi mengalami semacam panas kuping itu. cuma kalau benar dibicarakan ornag menyebabkan kuping panas, sedangkan rakyat indonesia setiap hari membicarakan sby, baik itu kebaikannya atau keburukannya, trus kenapa telinga sby gak gosong ya?
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline ratna

  • Global Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 1862
  • Thanked: 2 times
  • Total likes: 22
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Apakah Mitos Telinga Panas sekedar Mitos Atau Ilmiah?
« Jawab #3 pada: Mei 23, 2013, 11:56:15 AM »
 ^ hahahah........... :D   o iya yang dimaksud kang Patriana itu panas beneran atau panas hiperbola?
 

Offline patriana

Re:Apakah Mitos Telinga Panas sekedar Mitos Atau Ilmiah?
« Jawab #4 pada: Mei 23, 2013, 01:57:33 PM »
Quote (selected)
sedangkan rakyat indonesia setiap hari membicarakan sby, baik itu kebaikannya atau keburukannya, trus kenapa telinga sby gak gosong ya?

Seperti panas demam, kang. jadi sy kira tidak akan gosong,

Quote (selected)
- Sebab terkena cahaya matahari disiang hari
- Sebab badan meriang panas dingin
- Sebab suatu penyakit diarea kuping
- Sebab kelamaan pakai helm
- Sebab terkena hantaman sesuatu

Coba saya cek satu-satu ya kang,

- Sebab terkena cahaya matahari disiang hari -> seharian sedang tidak keluar kang diruang sj dn berAC
- Sebab badan meriang panas dingin -> alhamdulillah kondisi badan baik
- Sebab suatu penyakit diarea kuping -> alhamdulillah belum pernah
- Sebab kelamaan pakai helm -> kebetulan tidak motor2an kang
- Sebab terkena hantaman sesuatu ->  sepertinya tidak

semuanya negatif kang,

Quote (selected)
ada kemungkinan sebab yang ditimbulkan adalah dari metafisika...?

apakah setiap kita melakukan niat/ucapan/tindakan akan keluar sebuah energi yg tak nampak tanpa disadari?

saya jadi teringat ucapan kang Asep,

Quote (selected)
bila Anda merasakan bahwa Anda sangat ingin agar botol itu jatuh, maka ketahuilah keinginan tersebut merupakan energi, semakin kuat keinginan Anda, semakin kuat energi Anda.
...
energi anda menyongsong botol mineral itu ketika anda membayangkan bahwa botol itu bisa jatuh dengan pukulan jarak jauh anda.
« Edit Terakhir: Mei 23, 2013, 02:31:06 PM oleh patriana »
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9589
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Apakah Mitos Telinga Panas sekedar Mitos Atau Ilmiah?
« Jawab #5 pada: Mei 23, 2013, 06:34:53 PM »
kalau kemungkinan itu memang ada. saya sendiri cenderung percaya, ketika seseorang membicarkan hal yang tidak baik tentang kita, telinga kita akan merasa panas. tapi ini belum dapat dijelaskan oleh logika, ilmiah maupun ilmu kebatinan yang saya fahami.

tetapi kemungkinannya sebagai berikut : telinga kita menjadi panas ketika diomongin orang lain itu karena disebabkan beberapa faktor lainnya juga, diantaranya.

1. kepekaan kita batin kita
2. reaksi kita terhadap orang yang ngomongin

sebagai contoh : ketika di sekolah atau dikantor kita melihat dua temannya sedang berbisik-bisik membicarakan kejelekan kita, mungkin kita langsung merasa bahwa teman-teman tersebut sedang membicarakan kita. lalu timbulah energi panas yang membuat wajah kita terasa terbakar. kalau tidak, paling di dalam dada atau perut mearsakan panas. tapi, kalau kita orang yang cuek, tidak terlalu peduli kalau diomongin orang, seperti tabiat saya sehari-hari, maka tidaklah mungkin ada merasakan energi panas saat menyadari atau menduga saya diomongin orang.

demikian pula ketika kita diomongin orang dari jarak jauh, mungkin saja batin kita mendeteksi adanya omongan yang kurang baik itu terhadap kita, di alam bawah sadar, kita sudah merasa bahwa seseorang membicarakan keburukan kita. tapi ini saja tidak cukup membuat telinga kita panas. telinga kita menjadi panas, karena penolakan atau ketidak sukaan kita terhadap apa yang diomongkan orang itu.

meditasi adalah salah satu sarana yang bisa membuat kita sadar akan apa yang terjadi di alam bawah sadar kita. sebagai contoh, ketika suatu malam saya debat panas dengan sekumpulan orang, lalu pada malam harinya, ketika saya bermeditasi, saya melihat ada sinar merah bersileweran di rumah saya. ketika saya telusuri itu berasal dari perasaan dendam salah seorang yang tadi berdebat panas dengan saya.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline tasikita

Re:Apakah Mitos Telinga Panas sekedar Mitos Atau Ilmiah?
« Jawab #6 pada: Mei 23, 2013, 07:59:59 PM »
saya teringat dengan salajh salah satu hadits tentang telinga, tapi bukan telinga panas melainkan telinga berdenging,
Rasulullah Saw bersabda:
Apabila telinga seseorang diantara kalian berdenging
Hendaklah mengingat-ku dan Bacalah Shalawat untuk-ku dan Ucapkanlah:
'Semoga Allah mengingat orang-orang yang menyebut diriku dengan baik'

saya tidak tau apakah ada hubungannya dengan telinga panas atau tidak.
KUJANG
Ku Urang Jang Urang
 

Offline ratna

  • Global Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 1862
  • Thanked: 2 times
  • Total likes: 22
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Apakah Mitos Telinga Panas sekedar Mitos Atau Ilmiah?
« Jawab #7 pada: Mei 23, 2013, 08:01:09 PM »
@Kang Patriana
Jikalau menurut akang memang tidak ada sebab-sebab yang bisa teridentifikasi oleh akang secara panca indera, ada kemungkinan, sebab itu ditimbulkan hal-hal diluar itu, akan tetapi saya tidak tahu. Bisa jadi Sabda Nabi berikut ini bisa jadi pembanding, :

nabi saw bersabda :

"jika telinga salah seorng kalian berdengung,maka hendaknya ia mengingat aku dan membaca shalawat kepadaku serta mengucapkan : "dzakarallahu man dzakarani bi khair"
« Edit Terakhir: Mei 23, 2013, 08:06:58 PM oleh ratna »
 

Offline ratna

  • Global Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 1862
  • Thanked: 2 times
  • Total likes: 22
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Apakah Mitos Telinga Panas sekedar Mitos Atau Ilmiah?
« Jawab #8 pada: Mei 23, 2013, 08:05:19 PM »
^ Nah tuh jawaban saya sama dengan kang Tasikita diatas, kayanya tadi barengan kirim jawabanya! Kompak........ :D
 

Offline patriana

Re:Apakah Mitos Telinga Panas sekedar Mitos Atau Ilmiah?
« Jawab #9 pada: Mei 24, 2013, 10:29:06 AM »
Quote (selected)
tetapi kemungkinannya sebagai berikut : telinga kita menjadi panas ketika diomongin orang lain itu karena disebabkan beberapa faktor lainnya juga, diantaranya.

1. kepekaan kita batin kita

Betul kang, kemungkinannya jg bisa banyak, saya sendiri tidak berpendapat ini adalah mitos atau ilmiah, karena mitos dan ilmiah itu tergantung argumennya,,
Mengenai kepekaan batin kita, saya jadi teringat sebuah sensor yang bisa menerima gelombang tertentu, kang. ibaratnya si pembicara adalah tiang yang memanyarkan gelombang sinyal tertentu dengan mengirimkan pesan implisit, sehingga gelombang itu tersebar meluas. sensor nya adalah mungkin batin kita, sehingga ketika menerima gelombang tersebut batin kita memproses pesannya menjadi sebuah energi panas di telinga.

Quote (selected)
Nah tuh jawaban saya sama dengan kang Tasikita diatas, kayanya tadi barengan kirim jawabanya! Kompak........

Btw kang Tasikkita sama kang Ratna selish tepat 1 menit , kompak :D
Tiada obat yang lebih baik dari obat yg disampaikan Rasulullah SAW, Allahumma solli'ala Muhammad..
« Edit Terakhir: Mei 24, 2013, 11:01:58 AM oleh patriana »
 

Offline ratna

  • Global Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 1862
  • Thanked: 2 times
  • Total likes: 22
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Apakah Mitos Telinga Panas sekedar Mitos Atau Ilmiah?
« Jawab #10 pada: Mei 24, 2013, 12:40:13 PM »
Btw kang Tasikkita sama kang Ratna selish tepat 1 menit , kompak :D
Tiada obat yang lebih baik dari obat yg disampaikan Rasulullah SAW, Allahumma solli'ala Muhammad..


Allohuma sholli wa salim wabarik'alaih

Bukan satu menit kang, tapi 10 detik.. :)
« Edit Terakhir: Mei 24, 2013, 12:53:33 PM oleh ratna »
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9589
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Apakah Mitos Telinga Panas sekedar Mitos Atau Ilmiah?
« Jawab #11 pada: Mei 24, 2013, 02:38:33 PM »
^ kok berhitungnya pada salah sih? :D

kalau saya hitung, itu jedanya 1 menit 10 detik.

bener enggak?
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline patriana

Re:Apakah Mitos Telinga Panas sekedar Mitos Atau Ilmiah?
« Jawab #12 pada: Mei 27, 2013, 10:14:57 AM »
Quote (selected)
kalau saya hitung, itu jedanya 1 menit 10 detik.

betul kang Asep  :D
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
10 Jawaban
6196 Dilihat
Tulisan terakhir November 08, 2012, 10:58:26 AM
oleh ratna
7 Jawaban
1984 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 30, 2012, 06:27:31 PM
oleh ratna
2 Jawaban
3064 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 06, 2013, 09:12:27 AM
oleh Sandy_dkk
5 Jawaban
5912 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 07, 2013, 10:02:44 PM
oleh Sandy_dkk
2 Jawaban
1987 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 21, 2013, 07:58:20 AM
oleh Abu Zahra
4 Jawaban
1304 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 29, 2013, 08:41:40 AM
oleh Awal Dj
0 Jawaban
1228 Dilihat
Tulisan terakhir April 26, 2013, 03:51:57 PM
oleh Abu Zahra
3 Jawaban
3409 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 12, 2013, 10:13:07 PM
oleh sky
0 Jawaban
768 Dilihat
Tulisan terakhir November 28, 2015, 09:01:06 AM
oleh Bento
1 Jawaban
978 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 20, 2016, 08:56:16 PM
oleh rusa

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan