collapse

* Artikel Pilihan

Penulis Topik: Anarkhis di Mahkamah Konstitusi  (Dibaca 2007 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ratna

  • Global Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 1862
  • Thanked: 2 times
  • Total likes: 17
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Anarkhis di Mahkamah Konstitusi
« pada: November 16, 2013, 12:09:38 PM »
Anarkhis di Mahkamah Konstitusi

Beberapa hari yang lalu telah terjadi tindak anarkhis yang dilakukan oleh pengunjung yang hadir dalam sidang di makamah Konstitusi Republik Indonesia. Para pengunjung yang selanjutnya disebut sebagai perusuh itu melakukan tindakan-tindakan yang tidak dibenarkan oleh etika adab sopan santun maupun nilai-nilai yang umum dianut oleh masyarakat timur. Apatah lagi peraturan yang berlaku di lembaga tersebut.

Mereka menaiki meja, mengangkat kursi, membanting peralatan persidangan dan memaki dengan banyak sumpah serapah. Melihat mereka mendemonstrasikan kemarahannya, sungguh itu membuat saya bergidik ngeri, sehingga saya menyebutnya sebagai kejadian yang mengerikan.

Ada banyak kejadian-kejadian serupa atau bahkan lebih dahsyat lagi diluar sana akan tetapi karena kejadian itu terjadi didalam suatu Mahkamah yang mulia, tempat dimana orang menggantungkan keadilan yang diharapkanya,  maka saya menyebutnya sebagai sesuatu yang mengerikan sampai nalar saya sulit untuk menerimanya.

Timbul pertanyaan, mengapa kejadian itu bisa terjadi. Mengapa aparat keamanan tidak bisa mengamankan tempat yang mulia itu?

Adanya asap pastilah karena adanya api, begitulah pepatah yang umum kita dengar.  Adanya kejadian pastilah karena ada yang menjadikan atau adanya akibat pastilah karena adanya sebab, kalau kejadian itu adalah suatu reaksi pastilah karena sebelumnya ada suatu aksi.

Jika tindakan anarkhis tersebut adalah suatu kejadian pastilah karena ada yang menjadikan, atau jika anarkhis tersebut adalah suatu sebab maka pastilah ada sebab yang menjadikan tindakan anarkhis itu. Bukanlah bermaksud untuk membenarkan tindakan tersebut sebab saya sendiri ngeri melihatnya. Tetapi saya hanya mencoba sedikit mengurai hal ihwal apa sehingga anarkhi tersebut bisa terjadi.

Kemungkinan sebab-sebabnya salah satunya adalah Lembaga tersebut kehilangan kehormatannya. Lalu mengapa bisa kehilangan kehormatannya? Kemungkinan karena produk keadilannya tidak memenuhi rasa keadilan,Lalu mengapa produknya bisa tidak memenuhi rasa keadilan? Karena terjadi penyimpangan. Lalu mengapa bisa terjadi penyimpangan? Kemungkinan karena hakim-hakimnya tidak memenuhi standard mutu seorang hakim atau tidak kapabel kredibel serta tidak memenuhi kwalitas yang diharapkan, atau kemungkinan hakimnya memenuhi setiap standard kwalitas intelegensi yang ditetapkan tetapi tidak dengan mentalnya, sehingga korup, lalu mengapa dengan hakim yang korup? Hakim yang korup kemungkinan akan membuat keputusan yang korup pula sehingga tidak proporsional dan tidak sesuai dengan rasa keadilan atau boleh dikatakan keputusan yang di buat tidak adil sehingga dzolim. Lalu mengapa kalau tidak adil? Tidak terpenuhinya rasa keadilan akan menyebabkan kemarahan bagi yang tidak mendapatkan keadilan itu atau si pencari keadilan itu merasa terdzolimi, dan akibat rasa terdzolimi kemungkinan akan bangkit untuk membela diri. Lalu apakah membela diri itu bisa dalam bentuk tindakan anarkhi…?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan benar tentulah harus melalui suatu kajian-kajian dan penelitian-penelitian yang dilakukan oleh para ahli sehingga bisa ditemukan benang merahnya kemudian pada akhirnya bisa dibuat suatu perbaikan sebagai solusi dengan harapan lembaga yang mulia tersebut kembali dihormati dan juga sebagai tempat untuk menggantungkan harapan dalam mencari keadilan bagi orang yang merasa telah terdzalimi.
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9342
  • Thanked: 57 times
  • Total likes: 382
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re: Anarkhis di Mahkamah Konstitusi
« Jawab #1 pada: November 16, 2013, 01:36:28 PM »
bukan hanya lembaganya yang sekarang kurang dihormati oleh masyarakat. tapi karena masyaraktnya itu sendiri enggan memelihara rasa hormat. jangankan hakim yang ditunjuk oleh manusia, buktinya hakim yang ditunjuk oleh Allah saja malah dibantai. itu bukti kedzaliman umat manusia.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline ratna

  • Global Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 1862
  • Thanked: 2 times
  • Total likes: 17
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Anarkhis di Mahkamah Konstitusi
« Jawab #2 pada: November 16, 2013, 08:32:50 PM »
Kita diberikan kemampuan untuk berusaha semaksimal mungkin. Kita diberikan kemampuan untuk menganalisa sampai sejauh mana kita mampu menemukan solusi dari persoalan yang kita hadapi.

Jika persoalannya adalah kehormatan. Maka hal-hal apakah yang bisa diusahakan untuk mengangkat derajat kehormatan itu. Jika kejujuran adalah merupakan salah satu faktor maka setiap yang terkait dengannya harus memiliki komitment yang kuat terhadap hal tersebut, begitu pula dengan faktor-faktor yang lain.

bukan hanya lembaganya yang sekarang kurang dihormati oleh masyarakat. tapi karena masyaraktnya itu sendiri enggan memelihara rasa hormat.
Setuju.

jangankan hakim yang ditunjuk oleh manusia, buktinya hakim yang ditunjuk oleh Allah saja malah dibantai. itu bukti kedzaliman umat manusia.

Siapakah hakim tersebut Kang?
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9342
  • Thanked: 57 times
  • Total likes: 382
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re: Anarkhis di Mahkamah Konstitusi
« Jawab #3 pada: November 16, 2013, 09:56:30 PM »
nama sang hakim yang adil dan bijaksana itu adalah "Yasin". sebab beliau menjadikan al quran sebagai Undang-undang yang mengatur segala sesuatu.

baca dalam : al Quran dan hakim yasin

Dia adalah Hakim yang sebaik-baiknya.(Q.S 7:87)

Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu (Muhammad sebagai) hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya. (Q.S 4:65)

Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir. (QS 5:44)

Itulah hukum-hukum Allah dan barang siapa yang melanggar hukum-hukum Allah, maka sesungguhnya dia telah berbuat dzalim terhadap dirinya sendiri. Kamu tidak mengetahui barangkali Allah mengadakan sesudah itu suatu hal yang baru. (Q.S 65:1)

Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang mengaku dirinya telah beriman kepada apa yang diturunkan kepadamu dan kepada apa yang diturunkan sebelum kamu? Mereka hendak berhakim kepada thaghut, padahal mereka telah diperintah mengingkari thaghut itu. Dan syaitan bermaksud menyesatkan mereka (dengan) penyesatan yang sejauh-jauhnya.(Q.S 4:60)

Apabila dikatakan kepada mereka: "Marilah kamu (tunduk) kepada hukum yang Allah telah turunkan dan kepada hukum Rasul", niscaya kamu lihat orang-orang munafik menghalangi (manusia) dengan sekuat-kuatnya dari (mendekati) kamu. (Q.S 4:61)
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
860 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 02, 2012, 10:57:12 PM
oleh Kang Asep
Senja di Karbala

Dimulai oleh Kang Asep « 1 2 ... 9 10 » Komentari Gambar

138 Jawaban
20966 Dilihat
Tulisan terakhir November 08, 2012, 04:26:27 PM
oleh ratna
2 Jawaban
1277 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 07, 2013, 05:58:36 AM
oleh ratna
3 Jawaban
1632 Dilihat
Tulisan terakhir April 15, 2015, 10:33:26 AM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
542 Dilihat
Tulisan terakhir April 24, 2013, 03:18:51 PM
oleh Awal Dj
2 Jawaban
888 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 15, 2013, 04:08:25 PM
oleh Awal Dj
0 Jawaban
835 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 21, 2013, 07:39:57 PM
oleh Abu Zahra
0 Jawaban
777 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 22, 2013, 10:26:59 AM
oleh Abu Zahra
6 Jawaban
2600 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 25, 2013, 02:53:01 PM
oleh comicers
1 Jawaban
963 Dilihat
Tulisan terakhir November 28, 2015, 11:51:59 PM
oleh Monox D. I-Fly

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan