collapse

* Artikel Pilihan

Penulis Topik: AGAMA CIPTAAN TUHAN MEMANG CUMA SATU  (Dibaca 21183 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Badranaya

AGAMA CIPTAAN TUHAN MEMANG CUMA SATU
« pada: Juli 22, 2013, 02:07:55 AM »
Konon kata orang bijak agama-agama itu bagaikan jalan-jalan yang berbeda namun berakhir pada ujung yang sama. Pandangan ini terasa menyejukkan saat orang berbicara soal toleransi beragama.

Tapi benarkah agama-agama yang berbeda mengarahkan manusia pada kebenaran yang sama? Belum tentu.

Pandangan di atas boleh jadi benar apabila manusia sendirilah yang menciptakan agama-agama. Para nabi dan orang bijak yang memiliki relasi khusus dengan Tuhan mencoba merumuskan pengetahuan mereka tentang Tuhan dan mengajarkannya kepada orang lain dalam bentuk agama-agama. Jadi pengetahuan atau pengelaman tentang Tuhan yang sama bisa dirumuskan dalam bentuk agama yang berbeda-beda.

Tetapi pandangan di atas menjadi tidak tepat jika Tuhan sendiri yang menciptakan agama. Saya lebih percaya pada asumsi ini karena lebih masuk akal: para nabi utusan Tuhan tidak datang untuk mengajarkan agama masing-masing yang berbeda satu sama lain melainkan semuanya menjadi bagian dari sebuah rancangan besar (grand design) dari satu agama universal ciptaan Tuhan.

Hanya Tuhan yang mengetahui kebenaran, maka hanya Tuhan sajalah yang mampu membangun agama sejati yang mengajarkan kebenaran. Sebaliknya agama-agama ciptaan manusia tidak akan pernah mampu mengajarkan kebenaran yang utuh. Dalam konteks ini maka tidak semua agama mengajarkan kebenaran yang sama.

Memahami realita bahwa Tuhan menciptakan agama juga akan menjadi solusi bagi persoalan agama-agama dewasa ini. Saat ini semua agama menawarkan 'kebenaran' dan semua agama merasa benar. Sekalipun diupayakan sikap toleransi untuk dapat hidup berdampingan, perbedaan agama bagaimanapun tetap selalu akan menjadi akar konflik yang setiap saat bisa meledak.

Tapi masalah ini bisa selesai kalau manusia mau jujur dan menerima fakta bahwa Tuhan menciptakan agama. Dan Tuhan tidak menciptakan banyak agama, satu agama untuk tiap bangsa yang berbeda, seolah-olah Dia tidak memperhitungkan bahwa suatu saat manusia tidak lagi terkotak-kotak secara geografis. Tuhan hanya menciptakan satu agama yang ditujukan untuk semua bangsa. Karena hanya ada satu agama ciptaan Tuhan maka dari sekian banyak agama yang ada sesungguhnya memang hanya ada satu agama yang benar, agama-agama lainnya otomatis bukan agama yang benar. Saya sama sekali tidak ragu mengatakan ini.

Mencari agama ciptaan Tuhan

Sekarang masalahnya dari sekian banyak agama manakah yang ciptaan Tuhan? Bagi banyak orang pertanyaan itu susah dijawab karena banyak agama yang mengklaim berasal dari Tuhan.

Tapi kalau saja manusia mau jujur dan obyektif, bebas dari keterikatan emosional, pertanyaan tadi sama sekali tidak sulit untuk dijawab. Jika memang benar ada satu agama ciptaan Tuhan diantara agama-agama ciptaan manusia maka agama tersebut pasti memiliki perbedaan dan kualitas yang mencolok dibanding agama lainnya. Sangat tidak mungkin agama ciptaan Tuhan hanya 'beda-beda tipis' dengan agama ciptaan manusia. Hanya kesalahan cara pandang manusia saja yang membuat perbedaan ini tidak terdeteksi.

Sesungguhnya hanya dengan menggunakan logika dan akal sehat saja manusia sudah bisa mengetahui mana agama ciptaan Tuhan.
Pegang prinsip ini:

Tuhan hanya menciptakan satu agama,
sekali untuk selamanya.


Karena Tuhan itu Maha Tahu dan tidak mungkin melakukan kesalahan maka Dia cukup menciptakan satu agama sekali saja untuk selamanya. Prinsip ini akan sangat membantu kita dalam menentukan mana agama ciptaan Tuhan dan mana yang bukan.

Dengan menggunakan prinsip itu setidaknya kita bisa mengeliminasi 2 agama penting: Islam dan Protestan. Keduanya mengandaikan agama yang lama sudah rusak dan Tuhan membangun agama yang baru. Ini jelas pandangan yang menyesatkan karena dengan demikian menuduh Tuhan tidak mampu menjaga agama ciptaanNya sendiri. Pandangan sesat ini juga menimbulkan persoalan sendiri: jika Tuhan tidak mampu menjaga agama yang lama dari kerusakan bagaimana mungkin Dia mampu menjaga agama yang baru? Orang Islam selalu mengatakan bahwa Tuhan menjamin agama Islam dari segala kerusakan. Jika demikian mengapa Tuhan sampai 'lupa' menjamin agama yang lama dari kerusakan? Sementara itu Protestan yang mengaku lebih murni dari Katolik malah berpecahan menjadi ribuan gereja sampai sekarang. Itulah kekonyolan Islam dan Protestan.

Lalu bagaimana dengan Yahudi? Agama ini tidak lebih dari agama setengah jadi. Tuhan merencanakan membangun sebuah agama universal tapi sebagian orang Yahudi memutuskan untuk berhenti di tengah jalan dan menolak meneruskan menjadi bagian dari agama universal.

Lalu Gereja Ortodoks? Sebenarnya Gereja Ortodoks awalnya adalah bagian dari Gereja Katolik namun memisahkan diri karena tidak mau mengakui kepemimpinan Paus meski dengan jelas dalam Injil kepemimpinan Gereja oleh Yesus diberikan kepada Petrus (dan para Paus sebagai penggantinya).

Bagaimana dengan Hindu, Budha, dan lain-lain? Agama-agama ini dengan rendah hati mengakui mereka bukan agama ciptaan Tuhan.

Jadi sekarang yang tersisa adalah Gereja Katolik yang sejak awal tetap satu dan utuh. Satu hal yang memastikan Gereja Katolik sebagai agama ciptaan Tuhan adalah suksesi kenabian yang tidak terputus sejak Abraham sampai Paus yang sekarang. Yesus adalah nabi yang dinantikan semua nabi-nabi Perjanjian Lama. Dengan demikian Petrus yang ditetapkan oleh Yesus sebagai pimpinan Gereja tidak lain adalah suksesor para nabi Perjanjian Lama sebagai pembawa pesan Tuhan. Sementara itu para Paus adalah suksesor Petrus dalam memimpin Gereja. Otomatis merekapun adalah suksesor para nabi sebagai pembawa pesan Tuhan di dunia. Tidak ada satu agama di dunia ini yang miliki suksesi kenabian yang solid seperti Gereja Katolik. Ini unik dan menjadi penanda bahwa Gereja Katolik adalah agama ciptaan Tuhan.

Mungkin apa yang saya tulis di atas sangat tidak mengenakkan bagi mereka yang bukan Katolik. Tapi itu faktanya, agama ciptaan Tuhan memang hanya satu. Jika anda tidak setuju dengan Katolik, silahkan putuskan agama mana yang mungkin sebagai agama ciptaan Tuhan. Ingat bahwa hidup ini cuma sekali, jangan salah memilih agama. Pilih agama yang ciptaan Tuhan, jangan yang lain.
Tuhan Hanya Menciptakan Satu Agama - Sekali Untuk Selamanya
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9259
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 353
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:AGAMA CIPTAAN TUHAN MEMANG CUMA SATU
« Jawab #1 pada: Juli 22, 2013, 04:50:30 AM »
saya setuju. agama Tuhan itu hanya satu. dan Anda telah mempelejari agama katolik secara mendalam, sehingga Anda melihat kebenaran agama katolik. adapun kami, belum banyak belajar agama katolik. oleh karena itu, dapat difahami, kenapa kami tidak melihat kebenaran sebagaimana yang Anda lihat.

pertama-tama, saya sepakat dengan ini :

Kutip dari: badranaya
Tuhan hanya menciptakan satu agama,
sekali untuk selamanya.

Karena Tuhan itu Maha Tahu dan tidak mungkin melakukan kesalahan maka Dia cukup menciptakan satu agama sekali saja untuk selamanya.

kedua, saya belum mengerti, bagaimana kesimpulan ini bisa muncul di dalam pikiran Anda

Kutip dari: Badranaya
Dengan menggunakan prinsip itu setidaknya kita bisa mengeliminasi 2 agama penting: Islam dan Protestan. Keduanya mengandaikan agama yang lama sudah rusak dan Tuhan membangun agama yang baru. Ini jelas pandangan yang menyesatkan karena dengan demikian menuduh Tuhan tidak mampu menjaga agama ciptaanNya sendiri.

Protestan mengandaikan agama yang sudah rusak
Tuhan membangun agama baru
Tuhan tidak mampu menjaga agama ciptaanNya sendiri

bgaikana konklusi2 ini bisa muncul?

Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Badranaya

Re:AGAMA CIPTAAN TUHAN MEMANG CUMA SATU
« Jawab #2 pada: Juli 22, 2013, 10:39:53 AM »
saya setuju. agama Tuhan itu hanya satu. dan Anda telah mempelejari agama katolik secara mendalam, sehingga Anda melihat kebenaran agama katolik. adapun kami, belum banyak belajar agama katolik. oleh karena itu, dapat difahami, kenapa kami tidak melihat kebenaran sebagaimana yang Anda lihat.
Meski terbatas, dengan senang hati saya akan membagikan apa yang saya pahami mengenai Katolik.

Quote (selected)
pertama-tama, saya sepakat dengan ini :
Quote (selected)
Tuhan hanya menciptakan satu agama,
sekali untuk selamanya.

Karena Tuhan itu Maha Tahu dan tidak mungkin melakukan kesalahan maka Dia cukup menciptakan satu agama sekali saja untuk selamanya.
kedua, saya belum mengerti, bagaimana kesimpulan ini bisa muncul di dalam pikiran Anda

Sebenarnya prosesnya panjang.
Bisa dikatakan saya sampai pada kesimpulan itu setelah 17 tahun merenungkan kebenaran!

Saya dulu seorang pluralis, menganggap semua agama sama-sama benar. Tapi saya tidak pernah mendapatkan solusi yang cocok untuk memahami agama-agama. Sampai akhirnya sekitar 17 tahun yang lalu mendapat sentuhan Tuhan dan mulai merenungkan kebenaran Kitab Suci.

Sekali lagi, prosesnya panjang, banyak sekali benturan-benturan, sampai akhirnya kurang lebih 5 tahun yang lalu saya mulai sampai pada kesimpulan bahwa Tuhan sebenarnya hanya membuat satu agama, ketidaktaatan manusia yang membuat agama-agama menjadi banyak seperti sekarang.

Awalnya pernyataan/prinsip yang saya temukan berbunyi: Tuhan hanya membuat satu agama dan Dia tidak mungkin gagal. Tapi kemudian saya mengubahnya dalam bentuk positif: Tuhan Hanya Menciptakan Satu Agama Sekali Untuk Selamanya.

Saya tidak tahu apakah cocok, tapi untuk sementara saya akan menyebut prinsip tersebut sebagai prinsip universalitas agama Tuhan.

Tentu masih banyak yang belum saya ungkapkan, bisa saya bagikan sambil diskusi berjalan.

Quote (selected)
Protestan mengandaikan agama yang sudah rusak
Tuhan membangun agama baru
Tuhan tidak mampu menjaga agama ciptaanNya sendiri

bgaikana konklusi2 ini bisa muncul?
Kita kembalikan pada prinsip universalitas agama Tuhan, jika Tuhan membuat sebuah agama maka Ia pasti sudah merencanakan segala sesuatunya dengan baik dan akan menjaganya sampai tujuan agama tersebut tercapai. Ini tidak tergantung pada apa yang dilakukan oleh hirarki Gereja. Sekalipun hirarki Gereja melakukan kesalahan-kesalahan, Tuhan tetap setia dan tidak akan meninggalkan Gereja yang dibangunNya. Ia akan dengan berbagai cara memulihkan Gereja. Sama seperti Tuhan di Perjanjian Lama tidak pernah meninggalkan orang Israel meski mereka seringkali berbuat jahat dan meninggalkan ajaran Tuhan.

Mungkin saja Martin Luther benar bahwa saat itu Gereja bobrok dan rusak. Tapi solusi yang dikehendaki Tuhan adalah memperbaiki Gereja dari dalam, bukan dengan memisahkan diri dan membangun gereja sendiri yang menambah masalah. Seharusnya Martin Luther mengambil solusi seperti yang dilakukan oleh St. Fransiskus Asisi dengan mulai perubahan dari diri sendiri. Cara itu yang kemudian memberi semangat pembaharuan pada Gereja.

Serusak-rusaknya Gereja, Tuhan yang membangun Gereja sejak awal pasti sudah melihat segala kemungkinan itu dan bisa memperbaikinya.
« Edit Terakhir: Juli 22, 2013, 11:13:19 AM oleh Badranaya »
Tuhan Hanya Menciptakan Satu Agama - Sekali Untuk Selamanya
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9259
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 353
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:AGAMA CIPTAAN TUHAN MEMANG CUMA SATU
« Jawab #3 pada: Juli 22, 2013, 11:18:53 AM »
Kutip dari: badranaya
Sebenarnya prosesnya panjang.
Bisa dikatakan saya sampai pada kesimpulan itu setelah 17 tahun merenungkan kebenaran!

Saya dulu seorang pluralis, menganggap semua agama sama-sama benar. Tapi saya tidak pernah mendapatkan solusi yang cocok untuk memahami agama-agama. Sampai akhirnya sekitar 17 tahun yang lalu mendapat sentuhan Tuhan dan mulai merenungkan kebenaran Kitab Suci.

17 tahun merupakan proses yang panjang. oleh karena itu, apabila kemudian di dalam diskusi-diskusi  di berbagai forum online, kawan-kawan diskusi Anda tidak cepat mengerti kebenaran yang Anda lihat itu, mudah-mudahan Anda bisa memakluminya dan menghadapinya dengan sabar. sebab, Anda sendiri butuh waktu 17 tahun untuk mengerti. benar atau tidak?

demikian pula dengan saya, tidak sebentar waktu yang saya gunakan untuk memahami Islam. walaupun sejak kecil beragama Islam, tapi tidak mudah menghadapi pertentangan-pertentangan keyakinan. Dapat dikatakan butuh waktu 23 tahun untuk bisa menemukan kebenaran yang meyakinkan tentang islam. Sehingga tidak layak saya menyalahkan orang lain, apabila setelah menjelaskan kebenaran islam dalam satu dua kali diskusi, orang lain masih belum dapat mengerti. karena amatlah jauh perbandingannya antara dua kali diskusi dengan 23 tahun masa penyelidikan kebenaran. atas dasar ini pula, kita semestinya berdiskusi atas dasar rasa hormat dan kasih sayang. apakah Anda setuju?
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9259
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 353
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:AGAMA CIPTAAN TUHAN MEMANG CUMA SATU
« Jawab #4 pada: Juli 22, 2013, 11:23:17 AM »
Kutip dari: Badranaya
Kita kembalikan pada prinsip universalitas agama Tuhan, jika Tuhan membuat sebuah agama maka Ia pasti sudah merencanakan segala sesuatunya dengan baik dan akan menjaganya sampai tujuan agama tersebut tercapai. Ini tidak tergantung pada apa yang dilakukan oleh hirarki Gereja. Sekalipun hirarki Gereja melakukan kesalahan-kesalahan, Tuhan tetap setia dan tidak akan meninggalkan Gereja yang dibangunNya. Ia akan dengan berbagai cara memulihkan Gereja. Sama seperti Tuhan di Perjanjian Lama tidak pernah meninggalkan orang Israel meski mereka seringkali berbuat jahat dan meninggalkan ajaran Tuhan.

Mungkin saja Martin Luther benar bahwa saat itu Gereja bobrok dan rusak. Tapi solusi yang dikehendaki Tuhan adalah memperbaiki Gereja dari dalam, bukan dengan memisahkan diri dan membangun gereja sendiri yang menambah masalah. Seharusnya Martin Luther mengambil solusi seperti yang dilakukan oleh St. Fransiskus Asisi dengan mulai perubahan dari diri sendiri. Cara itu yang kemudian memberi semangat pembaharuan pada Gereja.

Serusak-rusaknya Gereja, Tuhan yang membangun Gereja sejak awal pasti sudah melihat segala kemungkinan itu dan bisa memperbaikinya.

saya dapat memahami argumentasi ini. silahkan dilanjut!
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Badranaya

Re:AGAMA CIPTAAN TUHAN MEMANG CUMA SATU
« Jawab #5 pada: Juli 22, 2013, 11:24:25 AM »
17 tahun merupakan proses yang panjang. oleh karena itu, apabila kemudian di dalam diskusi-diskusi  di berbagai forum online, kawan-kawan diskusi Anda tidak cepat mengerti kebenaran yang Anda lihat itu, mudah-mudahan Anda bisa memakluminya dan menghadapinya dengan sabar. sebab, Anda sendiri butuh waktu 17 tahun untuk mengerti. benar atau tidak?

demikian pula dengan saya, tidak sebentar waktu yang saya gunakan untuk memahami Islam. walaupun sejak kecil beragama Islam, tapi tidak mudah menghadapi pertentangan-pertentangan keyakinan. Dapat dikatakan butuh waktu 23 tahun untuk bisa menemukan kebenaran yang meyakinkan tentang islam. Sehingga tidak layak saya menyalahkan orang lain, apabila setelah menjelaskan kebenaran islam dalam satu dua kali diskusi, orang lain masih belum dapat mengerti. karena amatlah jauh perbandingannya antara dua kali diskusi dengan 23 tahun masa penyelidikan kebenaran. atas dasar ini pula, kita semestinya berdiskusi atas dasar rasa hormat dan kasih sayang. apakah Anda setuju?

Ok, setuju.
Silahkan dimulai...

Saya kira akan menarik jika kang asep mencoba menerapkan atau membahas prinsip ini dari sudut pandang Islam, mengingat anda sudah mendalami Islam selama 23 tahun.
« Edit Terakhir: Juli 22, 2013, 12:51:32 PM oleh Badranaya »
Tuhan Hanya Menciptakan Satu Agama - Sekali Untuk Selamanya
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9259
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 353
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:AGAMA CIPTAAN TUHAN MEMANG CUMA SATU
« Jawab #6 pada: Juli 22, 2013, 02:02:32 PM »
saya sepakat bahwa Agama Ciptaan Tuhan itu hanya satu.

tentu bagi Anda, yang satu itu adalah katholik
tentu bagi saya, yang satu itu adalah Islam

Anda dan saya tentu sama-sama mempunyai argumentasi.

dan Argumentasi Anda yang pokok adalah

Kutip dari: Badranaya
Jadi sekarang yang tersisa adalah Gereja Katolik yang sejak awal tetap satu dan utuh. Satu hal yang memastikan Gereja Katolik sebagai agama ciptaan Tuhan adalah suksesi kenabian yang tidak terputus sejak Abraham sampai Paus yang sekarang. Yesus adalah nabi yang dinantikan semua nabi-nabi Perjanjian Lama. Dengan demikian Petrus yang ditetapkan oleh Yesus sebagai pimpinan Gereja tidak lain adalah suksesor para nabi Perjanjian Lama sebagai pembawa pesan Tuhan. Sementara itu para Paus adalah suksesor Petrus dalam memimpin Gereja. Otomatis merekapun adalah suksesor para nabi sebagai pembawa pesan Tuhan di dunia. Tidak ada satu agama di dunia ini yang miliki suksesi kenabian yang solid seperti Gereja Katolik. Ini unik dan menjadi penanda bahwa Gereja Katolik adalah agama ciptaan Tuhan.

Anda berbicara tentang Imamat. benar kan? tongkat kepemimpinan itu beranting dari Yesus hingga Paus yang sekarang. Tampaknya dulu, di dalam Islam Anda belum sempat belajar tentang Aqidah imamah. benar atau tidak? kemungkinan Anda tidak tahu bahwa mazhab Islam tertentu mempunyai Imam yang diyakini oleh umat Islam memegang tongkat kepemimpinan yang beranting mulai dari Yesus hingga Imam tersebut.

Quote (selected)
Yusuf as dan keturuannya merupakan kelompok putra-putra Ya`kub as yang mengawali imamah bangsa Israel sampai dengan periode Nabi Musa a.s dan harun as. Setelah itu imamah bangsa Israel dipegang oleh suku Lewi melalui keturunan Imam Harun as sampai periode Yesus. Lalu dengan berakhirnya kenabian bangsa Israel, maka hal itu juga menandakan berakhirnya imamah suku Lewi. Oleh sebab itu, Yesus mengembalikan posisi Imamah suku Yusuf atas bangsa Israel melalui Simon Petrus dan keturunannya. (Prof. Ali Al Kurani, Imam Mahdi, Hal. 41)

pemimpin Islam yang sekarang memimpin Umat Islam di seluruh dunia, yang mewarisi kepemimpinan dari Yesus itu adalah Imam Mahdi, ia keturunan dari Santo Petrus, yang kata Anda di tetapkan oleh Yesus sebagai pimpinan gereja.

Quote (selected)
Sayidah Narjis Khatun as atau ibunda Imam Mahdi as juga disebutkan memiliki silsilah hingga datuknya yang bernama Simon Keffas atau Santo Petrus. Simon anak Yonanes, merupakan pemimpin Hawary dari Isa as.[13] Setelah berakhirnya misi kenabian as, dia mengembalikan posisi kempimpinan bangsa Israel kepada suku Yusuf. [14] Menurut kita-kitab injil Kanonik, Simon berasal dari Betsaida, sebuah kota di tepi danau Tiberis, daerah provinsi Galilea di wilayah Manasye.

[13] Yohanes 21:15-17
[14] Lihat buku Yudas Bukan Pengkhianat, M. Musadiq Marhaban, Istifad Publishing, Jakarta 2003, Hal. 267-394

Sumber : Dari buku Imam Mahdi, Karya Prof. Ali Al Kurani

dalam akidah Islam, Imamah tidak pernah terputus sejak dari Nabi Adam hingga sekarang. tapi kemudian diperjalanan ada jalan bercabang. sehingga menjadi dua Imamah. Suksesor Petrus itu bercabang dua sebelum sampai pada Paus yang sekarang. Habib Abu Bakar, guru saya, tampaknya bisa menceritakan secara gamblang sejarh terjadinya percabangan imamah ini. karena, saya mendengar kabar beberapa pendeta dan keluarga katolik masuk Islam setelah dialog tentang imamat dengan Habib. adapun saya, tidak mempunyai cukup banyak pengetahuan tentang percabangan imamat tersebut. tetapi, saya dari paparan saya tersebut, saya hendak menyatakan maksud bahwa argumentasi Anda tentang "agama yang satu" dan "satu untuk selamanya" dan imamat sebgai manifestasi dari argumentasi Anda itu adalah dapat diterima, sejalan pula dengan prinsip saya. hanya saja, sekarang saya memilih "Paus" yang lain yang berbeda dengan "Paus" yang Anda yakini.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Badranaya

Re:AGAMA CIPTAAN TUHAN MEMANG CUMA SATU
« Jawab #7 pada: Juli 22, 2013, 02:55:07 PM »
.....
 saya hendak menyatakan maksud bahwa argumentasi Anda tentang "agama yang satu" dan "satu untuk selamanya" dan imamat sebgai manifestasi dari argumentasi Anda itu adalah dapat diterima, sejalan pula dengan prinsip saya. hanya saja, sekarang saya memilih "Paus" yang lain yang berbeda dengan "Paus" yang Anda yakini.
Sebenarnya teori percabangan ini bukan hal yang asing buat saya. Ini juga digunakan oleh Muhamad untuk mengklaim kenabiannya karena merasa sebagai keturunan Abraham dari cabang Ismael.

Padahal tidak demikian.

Tuhan sejak awal berniat membangun satu agama universal, bukan dua atau lebih. Oleh sebab  itu segala kemungkinan percabangan selalu dibereskan. Tuhan tidak menghendaki ambiguitas sebab Ia maha absolut.

Dalam kasus Ishak-Ismael, Tuhan dengan amat tegas menyatakan bahwa yang akan disebut keturunan Abraham hanyalah yang berasal dari Ishak, bukan Ismael. Jadi meski Ismael secara biologis keturunan Abraham, keturunannya bukanlah yang akan menurunkan nabi-nabi utusan Tuhan. Dalam kasus Esau dan Yakub, Tuhan melalui Ishak menetapkan Yakub sebagai yang terpilih.

Demikian juga dengan para rasul murid-murid Yesus yang jumlahnya 12 orang itu. Sejak awal Yesus sudah mengantisipasi pentingnya menunjuk seorang pemimpin diantara para rasul yang sederajat (primus inter pares), maka dengan amat tegas Yesus menunjuk Petrus sebagai pemimpin para rasul dan pemimpin Gereja-Nya.
« Edit Terakhir: Juli 22, 2013, 03:00:34 PM oleh Badranaya »
Tuhan Hanya Menciptakan Satu Agama - Sekali Untuk Selamanya
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9259
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 353
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:AGAMA CIPTAAN TUHAN MEMANG CUMA SATU
« Jawab #8 pada: Juli 22, 2013, 03:03:39 PM »
Kutip dari: Badranaya
Sebenarnya teori percabangan ini bukan hal yang asing buat saya. Ini juga digunakan oleh Muhamad untuk mengklaim kenabiannya karena merasa sebagai keturunan Abraham dari cabang Ismael.

Padahal tidak demikian.

benar. saya percaya, bahwa Anda tidak asing dengan teori percabangan. hanya saya menduga Anda asing dengan teori imamat dalam Islam, dan saya menduga, dulu ketika Anda masih berstatus muslim, Anda tidak pernah belajar akidah imamah. apakah dugaan saya ini benar?
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9259
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 353
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:AGAMA CIPTAAN TUHAN MEMANG CUMA SATU
« Jawab #9 pada: Juli 22, 2013, 03:06:30 PM »
Kutip dari: Badrayana
Tuhan sejak awal berniat membangun satu agama universal, bukan dua atau lebih. Oleh sebab  itu segala kemungkinan percabangan selalu dibereskan. Tuhan tidak menghendaki ambiguitas sebab Ia maha absolut.

sepakat. yakni prinsip yang pertama itu "satu agama".


Kutip dari: Badranaya
Dalam kasus Ishak-Ismael, Tuhan dengan amat tegas menyatakan bahwa yang akan disebut keturunan Abraham hanyalah yang berasal dari Ishak, bukan Ismael. Jadi meski Ismael secara biologis keturunan Abraham, keturunannya bukanlah yang akan menurunkan nabi-nabi utusan Tuhan. Dalam kasus Esau dan Yakub, Tuhan melalui Ishak menetapkan Yakub sebagai yang terpilih.

dalam ayat mana, saya bisa melihat ketegasan Tuhan tersebut?
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Badranaya

Re:AGAMA CIPTAAN TUHAN MEMANG CUMA SATU
« Jawab #10 pada: Juli 22, 2013, 03:10:47 PM »
benar. saya percaya, bahwa Anda tidak asing dengan teori percabangan. hanya saya menduga Anda asing dengan teori imamat dalam Islam, dan saya menduga, dulu ketika Anda masih berstatus muslim, Anda tidak pernah belajar akidah imamah. apakah dugaan saya ini benar?

Saya Islamnya Islam wong jowo - sholat bolong-bolong ke mesjid cuma sholat Ied  :laugh:
Tuhan Hanya Menciptakan Satu Agama - Sekali Untuk Selamanya
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9259
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 353
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:AGAMA CIPTAAN TUHAN MEMANG CUMA SATU
« Jawab #11 pada: Juli 22, 2013, 03:12:56 PM »
Kutip dari: Badranaya
Demikian juga dengan para rasul murid-murid Yesus yang jumlahnya 12 orang itu. Sejak awal Yesus sudah mengantisipasi pentingnya menunjuk seorang pemimpin diantara para rasul yang sederajat (primus inter pares), maka dengan amat tegas Yesus menunjuk Petrus sebagai pemimpin para rasul dan pemimpin Gereja-Nya.

12 orang tersebut hidup pada satu zaman, atau pada zaman yang berbeda-beda?

berapakah jumlah suksesor setelah Yesus hingga Paus yang terakhir ini?
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9259
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 353
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:AGAMA CIPTAAN TUHAN MEMANG CUMA SATU
« Jawab #12 pada: Juli 22, 2013, 03:15:15 PM »
Saya Islamnya Islam wong jowo - sholat bolong-bolong ke mesjid cuma sholat Ied  :laugh:

kalau begitu, berarti benar dugaan saya. Anda tidak pernah belajar akidah imamah. jika Anda sebelumnya belajar akidah imamah dalam Islam, ada kemungkinan Anda tidak tergoda untuk murtad.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Badranaya

Re:AGAMA CIPTAAN TUHAN MEMANG CUMA SATU
« Jawab #13 pada: Juli 22, 2013, 03:16:36 PM »
dalam ayat mana, saya bisa melihat ketegasan Tuhan tersebut?

Berkatalah Sara kepada Abraham: "Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak." Hal ini sangat menyebalkan Abraham oleh karena anaknya itu. Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak. (Kej. 21:10-12)

Sara istri Abraham meminta Abraham untuk mengusir Hagar dan Ismael, Tuhan menyetujui karena memang Ishak yang akan menjadi penerus keturunan Abraham.
« Edit Terakhir: Juli 22, 2013, 03:18:09 PM oleh Badranaya »
Tuhan Hanya Menciptakan Satu Agama - Sekali Untuk Selamanya
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9259
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 353
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:AGAMA CIPTAAN TUHAN MEMANG CUMA SATU
« Jawab #14 pada: Juli 22, 2013, 03:18:01 PM »
cuma yang saya heran, dulu anda muslim, ketika Anda meragukan islam sebagai agama yang Anda peluk waktu itu, Apakah Anda sudah berusaha untuk mempelajari labih dalam agama Islam, sebelum memutuskan untuk murtad? apakah Anda mendatangi ustadz, kyai atau ulama untuk menjawag keraguan Anda, atau Anda memilih memikirkannya sendiri, belajar otodidak?
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
1472 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 15, 2016, 05:12:51 PM
oleh Sandy_dkk
19 Jawaban
5214 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 25, 2015, 10:42:52 AM
oleh Monox D. I-Fly
2 Jawaban
2150 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 11, 2013, 10:22:34 AM
oleh Kang Asep
2 Jawaban
1354 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 10, 2015, 10:16:52 AM
oleh Monox D. I-Fly
2 Jawaban
954 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 24, 2015, 11:11:49 PM
oleh !0A1onsiun
0 Jawaban
1053 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 24, 2014, 05:19:48 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
406 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 22, 2015, 10:31:18 AM
oleh comicers
0 Jawaban
339 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 04, 2016, 12:31:58 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
182 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 28, 2016, 06:27:17 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
57 Dilihat
Tulisan terakhir September 09, 2017, 12:10:34 PM
oleh comicers

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan