Penulis Topik: Info Ringan Seputar Matematika (1): Antara Nol (0) dan Kosong (Ø)  (Dibaca 38726 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9275
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 354
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Info Ringan Seputar Matematika (1): Antara Nol (0) dan Kosong (Ø)
« Jawab #15 pada: Desember 16, 2012, 07:42:16 PM »
4x3 = 4+4+4 kang, bukan 4x4x4

o iya ya. he..he.. aduh ketahuan nih, otak matematika saya. :D
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Sandy_dkk

Re:Info Ringan Seputar Matematika (2): Memang Kesalahan Matematika Atau...
« Jawab #16 pada: Desember 16, 2012, 07:49:08 PM »
Oh iya yach kan  , 0 dibagi 0 jadinya ...... ^_^
dari tadi mikiran kesalahan no satu itu gak mudeng hahaha ternyata gak ada yang salah :)

itu untuk gambar pertama kang,, gambar yang ke-2 dan ke-3 kesulitan pembuktiannya lebih susah lagi...
terus terang saya kagum dengan penulis wordpress si Rasyid Ridha, dia bisa merumuskan suatu persamaan matematis sederhana namun cukup membuat pusing, karena bisa menembus koridor kepastian matematika.

matematika yang terkenal sebagai ilmu pasti menjadi terlihat tidak pasti ditangannya...
« Edit Terakhir: Desember 16, 2012, 10:51:19 PM oleh Biru Biru »
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9275
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 354
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Info Ringan Seputar Matematika (1): Antara Nol (0) dan Kosong (Ø)
« Jawab #17 pada: Desember 16, 2012, 07:50:33 PM »
Quote (selected)
(a+b)(a-b) = b(a-b) menjadi a+b = b

kalau misalnya

A = 5
B = 3

maka :

(5+3)x(5-3)=5x(5-3)
(8x2)=(5x2)
16=10

kok jadi salah, kang?
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Sandy_dkk

Re:Info Ringan Seputar Matematika (2): Memang Kesalahan Matematika Atau...
« Jawab #18 pada: Desember 16, 2012, 08:00:43 PM »
kalau misalnya

A = 5
B = 3

maka :

(5+3)x(5-3)=5x(5-3)
(8x2)=(5x2)
16=10

kok jadi salah, kang?

 :D

ya kang, jika ab maka persamaanya sejak awal juga salah. karena diawal persamaan tertulis a = b.
« Edit Terakhir: Desember 16, 2012, 10:51:46 PM oleh Biru Biru »
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Offline Sandy_dkk

Re:Info Ringan Seputar Matematika (2): Memang Kesalahan Matematika Atau...
« Jawab #19 pada: Desember 16, 2012, 08:07:48 PM »
persamaan adalah perumpamaan, kalo dibahasakan persamaan pada baris pertama selalu diawali dengan kata "jika", lalu baris2 berikutnya selalu diawali dengan "maka"
jadi, kalo dibahasakan persamaan akan berbunyi:
jika      a=1 ; b=1
maka   a = b
maka   a2 = ab
maka   a2-b2 = ab-b2
maka   (a+b)(a-b) = b(a-b)
maka   a+b = b
maka   1+1 = 1
maka   2 = 1

baris pertama dalam sebuah persamaan merupakan syarat. jika syaratnya dirubah, persamaan2 dibawahnya tidak berlaku lagi.
« Edit Terakhir: Desember 16, 2012, 10:52:07 PM oleh Biru Biru »
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9275
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 354
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Info Ringan Seputar Matematika (1): Antara Nol (0) dan Kosong (Ø)
« Jawab #20 pada: Desember 16, 2012, 08:08:51 PM »
O gitu ya?

jadi asyik nih diskusi soal matematika. mo ngaku dah, kalo waktu sekolah pelajaran matematika saya selalu jeblok :D

tapi waktu kuliah, ajaib, nilai kalkulus saya selalu paling tinggi, padahal saya paling gak ngerti pelajaran itu. tapi dosennya bilang, "saya menghargai usaha kerasnya untk belajar". aduh, saya jadi kasihan ama diri sendiri. dikasih nilai A, bukan karena memang nilainya A, tapi dosennya kasihan, saya sampe ngejar-ngejar dosen ke rumahnya, minta di private kalkulus tiap hari, bayar 30 rb rupiah perjam, masih masih gak ngerti juga tuh pelajaran yang satu. moga-moga aja di forum ini, saya bisa tercerahkan soal ilmu-ilmu matematika sama kang biru.

ada terpikir sekarang, sesudah bangkotan gini, pengen menggali lagi pelajaran-pelajaran matematika di masa sekolah dulu.

tapi, saya tidak cukup mengerti, kalau ilmu kalkulus, memang apa gunanya dalam kehidupan sehari-hari?

pertanyaan itu sering saya tanyakan kepada guru kalkulus saya yang cantik itu. tapi saya belum bisa mengerti sampe sekarang. saya bergaul, saya berumah tangga, saya bekerja, saya berdoa, rasanya tidak ada satupun yang menggunakan kalkulus.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9275
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 354
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Info Ringan Seputar Matematika (1): Antara Nol (0) dan Kosong (Ø)
« Jawab #21 pada: Desember 16, 2012, 08:16:29 PM »
Quote (selected)
jika      a=1 ; b=1
maka   a = b
maka   a2 = ab
maka a2-b2 = ab-b2


sampe sini sih mengerti.

tapi kenapa pada baris kelima jadi begini :

Quote (selected)
maka   (a+b)(a-b) = b(a-b)

bagaimana saya tau, kalau pendistribusiannya tersebut benar?


« Edit Terakhir: Desember 16, 2012, 08:19:50 PM oleh Kang Asep »
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Sandy_dkk

Re:Info Ringan Seputar Matematika (1): Antara Nol (0) dan Kosong (Ø)
« Jawab #22 pada: Desember 16, 2012, 08:31:25 PM »
O gitu ya?

jadi asyik nih diskusi soal matematika. mo ngaku dah, kalo waktu sekolah pelajaran matematika saya selalu jeblok :D

tapi waktu kuliah, ajaib, nilai kalkulus saya selalu paling tinggi, padahal saya paling gak ngerti pelajaran itu. tapi dosennya bilang, "saya menghargai usaha kerasnya untk belajar". aduh, saya jadi kasihan ama diri sendiri. dikasih nilai A, bukan karena memang nilainya A, tapi dosennya kasihan, saya sampe ngejar-ngejar dosen ke rumahnya, minta di private kalkulus tiap hari, bayar 30 rb rupiah perjam, masih masih gak ngerti juga tuh pelajaran yang satu. moga-moga aja di forum ini, saya bisa tercerahkan soal ilmu-ilmu matematika sama kang biru.

ada terpikir sekarang, sesudah bangkotan gini, pengen menggali lagi pelajaran-pelajaran matematika di masa sekolah dulu.

tapi, saya tidak cukup mengerti, kalau ilmu kalkulus, memang apa gunanya dalam kehidupan sehari-hari?

pertanyaan itu sering saya tanyakan kepada guru kalkulus saya yang cantik itu. tapi saya belum bisa mengerti sampe sekarang. saya bergaul, saya berumah tangga, saya bekerja, saya berdoa, rasanya tidak ada satupun yang menggunakan kalkulus.


wah, kalo bagi saya sangat berguna kang, buat nyari nafkah. :D
pekerjaan saya sehari2 terkait hitung menghitung luas tanah. pada skala yang lebih luas, perhitungan luas tanah akan memperhitungkan bentuk bola bumi yang oblate spheroid dengan reliefe yang tak beraturan pula.
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9275
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 354
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Info Ringan Seputar Matematika (1): Antara Nol (0) dan Kosong (Ø)
« Jawab #23 pada: Desember 16, 2012, 08:47:37 PM »
kalau begitu, sok atuh lah nanti kita banyakin diskusi soal matematika. saya pengen belajar.

kadang orang tidak percaya, kalau saya yang sering menyebut diri sendiri "ahli logika", tapi "agak bahlul" dalam soal  matematika :D

hanya saja sering saya jelaskan bahwa Logika Filsafat itu berbeda dengan kalkulus. sangat jelas, yang menguasai Logika Aristotels itu belum tentu menguasai Logika matematika. dan saya juga melihat contoh-contoh bahwa orang yng terampil matematika, belum tentu mahir menggunakan Logika Filsafat.

saya ingin tanya, dalam matematika, kalau misanya menulis " Setiap A adalah B", bagaimana caranya?
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Sandy_dkk

Re:Info Ringan Seputar Matematika (2): Memang Kesalahan Matematika Atau...
« Jawab #24 pada: Desember 16, 2012, 09:09:56 PM »
Quote (selected)
jika      a=1 ; b=1
maka   a = b
maka   a2 = ab
maka a2-b2 = ab-b2
sampe sini sih mengerti.

tapi kenapa pada baris kelima jadi begini :
Quote (selected)
maka   (a+b)(a-b) = b(a-b)

bagaimana saya tau, kalau pendistribusiannya tersebut benar?

baris ke-4  ==>>  a2-b2 = ab-b2
baris ke-5  ==>>  (a+b)(a-b) = b(a-b)

bagaimana a2-b2 bisa menjadi (a+b)(a-b) ?
dan bagaimana ab-b2 bisa menjadi b(a-b) ?

baris kelima adalah pendistribusian menjadi faktor2 pengalinya. seperti 10 yang menjadi 5x2. untuk membuktikannya, cara yang paling sederhana bisa dengan pendistribusian terbalik yaitu kita hitung aja 5x2, dan hasilnya memang =10.

a2-b2 bisa menjadi (a+b)(a-b), untuk membuktikan kebenaran dengan pendistibusian terbalik, maka kita hitung aja (a+b)(a-b).
(a+b)(a-b) = ( a x a ) + ( a x -b ) + ( b x a ) + ( b x -b )
                 = a2 + -ab + ab + -b2
                 = a2 - ab + ab - b2
                 = a2 - b2

ab-b2 bisa menjadi b(a-b), untuk membuktikan kebenaran dengan pendistibusian terbalik, maka kita hitung aja b(a-b).
b(a-b) = (b x a) + ( b x -b )
          = ab + -b2
          = ab - b2
« Edit Terakhir: Desember 16, 2012, 10:52:32 PM oleh Biru Biru »
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Offline arya

Re:Info Ringan Seputar Matematika (1): Antara Nol (0) dan Kosong (Ø)
« Jawab #25 pada: Desember 16, 2012, 09:31:08 PM »
wauh ketinggalan nih, ana baca dlu dari awal
 

Offline arya

Re:Info Ringan Seputar Matematika (1): Antara Nol (0) dan Kosong (Ø)
« Jawab #26 pada: Desember 16, 2012, 09:39:27 PM »
kok Bisa a2 = ab.
« Edit Terakhir: Desember 16, 2012, 09:56:30 PM oleh arya »
 

Offline arya

Re:Info Ringan Seputar Matematika (1): Antara Nol (0) dan Kosong (Ø)
« Jawab #27 pada: Desember 16, 2012, 09:42:02 PM »
hrus tetap a = b. lagian kenapa dikalikan a
 

Offline Sandy_dkk

Re:Info Ringan Seputar Matematika (1): Antara Nol (0) dan Kosong (Ø)
« Jawab #28 pada: Desember 16, 2012, 10:00:53 PM »
kalau begitu, sok atuh lah nanti kita banyakin diskusi soal matematika. saya pengen belajar.

kadang orang tidak percaya, kalau saya yang sering menyebut diri sendiri "ahli logika", tapi "agak bahlul" dalam soal  matematika :D

hanya saja sering saya jelaskan bahwa Logika Filsafat itu berbeda dengan kalkulus. sangat jelas, yang menguasai Logika Aristotels itu belum tentu menguasai Logika matematika. dan saya juga melihat contoh-contoh bahwa orang yng terampil matematika, belum tentu mahir menggunakan Logika Filsafat.

saya ingin tanya, dalam matematika, kalau misanya menulis " Setiap A adalah B", bagaimana caranya?

betul kang, logika adalah alat untuk menelaah sesuatu, bagaimana kita bisa berpikir secara lurus, tepat, dan teratur atas sesuatu tsb. nah sesuatu tersebut bisa berupa filsafat, bisa berupa matematika.

kalo menurut pandangan saya sih, logika filsafat lebih kompleks daripada logika matematika. logika matematika telah tersistematisasi dalam rumus matematika, sehingga kebenarannya pun bisa teruji cukup dengan mengikuti alur sistem tsb.
sedangkan logika filsafat, seseorang harus menguasai tata bahasa dengan benar, padahal bahasa di dunia bermacam-macam. ketika kang Asep beradu argumen secara logika dengan orang Itali misalnya, pasti akan menemukan kesusahan. sedangkan logika matematika akan diterjemahkan sama oleh semua orang di dunia dengan rumus2 bakunya.
dalam hal pengujian kebenaran, logika filsafat juga memerlukan pengujian2 yang tidak sesederhana logika matematika.

setiap A adalah B dituliskan dengan ∀A ∈B
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Offline arya

Re:Info Ringan Seputar Matematika (1): Antara Nol (0) dan Kosong (Ø)
« Jawab #29 pada: Desember 16, 2012, 10:04:32 PM »

wah, kalo bagi saya sangat berguna kang, buat nyari nafkah. :D
pekerjaan saya sehari2 terkait hitung menghitung luas tanah. pada skala yang lebih luas, perhitungan luas tanah akan memperhitungkan bentuk bola bumi yang oblate spheroid dengan reliefe yang tak beraturan pula.

Kang biru2 ahli geodesi bukan
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
1095 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 21, 2012, 04:25:37 PM
oleh Kang Asep
2 Jawaban
1904 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 21, 2013, 07:58:20 AM
oleh Abu Zahra
1 Jawaban
1158 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 04, 2015, 07:55:17 PM
oleh Ziels
0 Jawaban
1184 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 20, 2013, 07:25:40 PM
oleh Kang Asep
31 Jawaban
7401 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 28, 2013, 04:29:25 AM
oleh Sandy_dkk
25 Jawaban
7021 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 25, 2013, 10:33:48 PM
oleh whitelotus
2 Jawaban
1320 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 18, 2015, 11:32:08 AM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
1402 Dilihat
Tulisan terakhir September 26, 2014, 01:56:47 AM
oleh Sandy_dkk
0 Jawaban
1160 Dilihat
Tulisan terakhir September 26, 2014, 01:32:18 AM
oleh Sandy_dkk
0 Jawaban
456 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 24, 2015, 04:19:23 PM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan