Penulis Topik: Diskusi  (Dibaca 486 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9203
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 342
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Diskusi
« pada: Maret 02, 2016, 09:05:36 AM »

Nomor : PST.KI/Per-006/5901
Kategori : Peraturan Diskusi
Edisi : 7 Maret 2017
Judul : Definisi Diskusi
===============

Sejak awal berdirinya forum Logika, saya telah mendinisikan bahwa Diskusi adalah Usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas atas dasar rasa hormat dan kasih sayang. saya tidak pernah mengubah definisi ini,  hingga sekarang. Mungkin orang lain akan mendefinisikan diskusi dengan hal yang berbeda. Orang boleh membuat definisi yang berbeda-beda tentang definisi, tapi jika Anda ingin diskusi dengan saya atau diskusi dalam forum yang saya bina, maka Anda tidak punya pilihan selain harus mempergunakan definisi ini.

Dengan definisi yang saya ciptakan, maka syarat yang diperlukan untuk terjadinya diskusi adalah adanya niat membantu orang lain dalam memahami sesuatu atas dasar kasih sayang. Jadi, jika Anda hendak diskusi pertama-tama Anda harus tanyakan niatnya pada diri Anda sendiri, apa tujuan Anda diskusi ?Jika ingin diskusi, Anda harus benar-benar berkeinginan untuk membantu orang lain. bahkan keinginan untuk membantupun tidaklah cukup. Keinginan Anda untuk membantu orang lain tersebut, mesti didorong oleh perasaan bahwa Anda menyayangi orang tersebut. Jadi, setiap kali Anda diskusi, cobalah berulang-ulang untuk memeriksa, apakah ada di dalam diri Anda unsur "keinginan membantu" dan "rasa kasih sayang". Jika tidak anda temukan unsur-unsur tersebut, maka Anda tidak memenuhi syarat untuk berdiskusi dengan saya.

Demikian pula cara Anda melihat diri saya, perlu anda memeprhatikan, atas dasar apa saya menjalin diskusi dengan Anda ? saya tidak akan berdiskusi dengan seseorang, jika saya tidak menghormati dan menyayanginya. tetapi, bila anda tidak merasa bahwa saya tidak menghormati Anda atau tidak menyayangi Anda, maka Anda tidak dapat melanjutkan diskusi dengan saya. Untuk menyayangi dan menghormati orang lain, tidaklah mudah. dan yang lebih sulit dari itu adalah membuat orang lain sadar dan mengerti bahwa apa yang kita menghormati dan menyayangi orang lain. karena itu, di sini kita harus sama-sama belajar, yaitu belajar menghormati dan menyayangi orang lain, juga belajar membuat orang lain mengerti bahwa kita menghormati dan menyayanginya. dan bila kita sadar bahwa sikap-sikap kita dipadang sebagai sikap tak-hormat pada seseorang, sebaiknya kita berhenti berdiskusi dengannya, walaupun kita tidak bermaksud untuk tidak menghormatinya sama sekali.

Selain keinginan membantu orang lain atas dasar kasih sayang, kita juga harus siap dibantu oleh orang lain dalam memahami sesuatu. ini adalah makna dari "Usaha Saling Membantu". tetapi, alasan untuk saling membantu jangan digunakan untuk menyerang orang lain, atau melakukan kritikan-kritikan yang konyol. cara membantu orang lain itu ada tata caranya, ada prosedurnya, karena itu harus diperhatikan. contohnya, dapat dilihat pada tulisan Metoda Mengajar Filsafat. di situ kita akan mengetahui bagaimana caranya menyampaikan pengetahuan, sebagai bantuan bagi orang lain.

Di sini, saya sebagai admin dan penyaji materi, adalah pihak yang akan memberikan bantuan pengetahuan kepada Anda dengan sajian-sajian materi ilmu logika. di antara Anda tidak mustahil ada para ulama, para guru, pada dosen, para habib atau para cendikiawan yang lebih mahir dalam bidang ilmu logika. Siapapun yang lebih mahir dala bidang ilmu logika, dipersilahka untuk membantu saya melangkapi kekurangan-kekurangan materi ilmu logika, atau membantu saya menjelaskan materi kepada member yang belum mengerti atau membantu saya memberikan jawaban-jawaban atas pertanyaan yang diajukan. itulah cara yang benar, bagi pihak yang ingin membantu saya. contoh ada orang yang katanya ingin membantu, tapi menandainya dengan kata-katanya kepada saya, "Anda bodoh, teori yang anda sampaikan itu penuh kesalahan ! Anda sama sekali tidak bijaksana, jauh sekali dari logika Sokrates atau Plato." pernyataan seperti itu, tidak menunjukan tanda-tanda hendak membantu atas dasar rasa hormat dan kasih sayang, tapi tanda-tanda menyerang atas dasar rasa ketidak-sukaan.  jadi, jangan menggunakan alasan "membantu" untuk hal yang salah.
« Edit Terakhir: Maret 07, 2017, 07:52:28 AM oleh Kang Asep »
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
1825 Dilihat
Tulisan terakhir September 11, 2015, 10:19:45 AM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
846 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 06, 2013, 08:58:25 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
350 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 13, 2015, 11:29:36 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
410 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 16, 2015, 10:50:28 AM
oleh Kang Asep
10 Jawaban
2267 Dilihat
Tulisan terakhir April 24, 2015, 05:00:32 PM
oleh Kang Asep
3 Jawaban
513 Dilihat
Tulisan terakhir April 09, 2016, 06:57:04 PM
oleh Ziels
0 Jawaban
148 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 24, 2016, 10:37:06 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
223 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 26, 2016, 07:54:50 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
631 Dilihat
Tulisan terakhir September 28, 2016, 02:55:54 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
16 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 30, 2017, 07:47:39 AM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan