Penulis Topik: pertanyaan yang menjengkelkan  (Dibaca 1801 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9522
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 480
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
pertanyaan yang menjengkelkan
« pada: Juli 18, 2012, 10:19:36 PM »
Sebagai bentuk upaya silaturahim dan keramah tamahan terhadap tetangga, saya membangikan undangan  undangan makan gratis ke tetangga sekitar. Niat baik ini umumnya disambut dengan sikap baik pula, hangat, gembira dan bersahabat. Bahkan mereka gembira, karena mendapatkan undangan makan gratis. Tapi ada juga yang memiliki sikap lain.

Saya mendatangi sebuah warnet yang ada di seberang jalan rumah saya. Saya masuk ke warnet tersebut. banyak orang di situ. Tentu tidak semua pengunjung warnet dapat saya undang. Karena keterbatasan biaya. Saya mencari pemilik atau operator warnet itu untuk saya undang.

Terlihat seorang pemuda berusia sekitar 23 tahunan duduk di sebuah kursi. dengan santai dia memainkan sebuah seruling bambu. Saya berkata keapdanya, “Permisi mas, saya mau tanya, Mas operator di sini, bukan?”

Pemuda itu dengan mimik muka yang tidak menyenangkan dan nada bicara yang juga tidak menyenangkan, balik tanya, “operator apa?”

“ya, biasanya kan kalo warnet ada operatornya. Apa Mas, Operatornya?”

Bukan menjawab pertanyaan saya, tapi malah bertanya lagi, “memangnya mau apa?”

Sepertinya orang ini tidak tidak tau etika. Seharusnya kalau dia tau etika, dia menjawab pertanyaan dulu, baru betanya lagi.

“saya mau mengundang Mas ke rumah saya.” Saya menjelaskan.

“Undngn apa?”

“Saya mengundang Mas untuk makan di rumah saya, gratis!”

“Rumah siapa?”

“Rumah saya, Mas!”

“Ya. saya siapa?”

Waduh apa maksud ini orang? Apakah orang ini bodoh atau bemaksud melecehkan? Kalau dari tanda-tanda fisik tidak terlihat seperti orang idiot. Jadi yang lebih mungkin adalah dia sedang melecehkan saya. Saya mencoba bersabar.

Dalam logika, sebuah pertanyaan tidak pernah bernilai salah maupun benar. Tetapi, dalam etika bertanya-tanya dengan cara yang dilakukan si pemuda itu adalah salah.

Saya menyodorkan telapak tangan, mengajak dia bersalaman sambil berkata, “Perkenalkan, nama saya Asep. Saya tetangga baru Anda.”

“Tetangga baru mana?”

“Itu Mas, rumah saya di depan.”

“Depan mana?”

“itu yang catnya hijau!” kata saya.

“Hijau mana?”

“Gini Mas, kalau Mas menyeberang jalan, Mas ketemu ruma warna ungu. Nah tuh dari sini juga keliatan. Dua rumah ke kanan, itu adalah rumah saya. “ demikian saya katakan.

“maksudnya, ke sini mau apa?”

“kan tadi saya dah bilang, saya mau mengundang Mas untuk makan-makan, gratis di rumah saya.”

“Maksudnya untuk apa?”

Uh, saya mulai habis kesabaran.

“untuk makan-makan, Mas!”

“kenapa mengundang saya?” tanya dia lagi.

“saya mengundang semua tetangga, termasuk Anda.”

“Kenapa?”

“Ya, sebagai sarana silaturahim aja, berhubung saya penduduk baru di sini.” Saya menjelaskan lagi.

“ Trus, nanti saya di sana mau ngapain?”

Habislah sudah kesabaran saya. Mau mengundang orang untuk makan-makan saja kok jadi ribet gini. Kalau memang gak suka, atau gak mau, kenapa gak langsung bilang aja.

“Aduh, Mas. Maaf. Simpel aja, saya ke sini mau menyerahkan undangan ini. Kalau Mas mau datang terima kasih, kalau enggak bis, ya gak apa-apa.” Kata saya.

“Enggak ah, saya gak mau.”

Akhirnya, undangan itu saya berikan kepada salah satu pengunjung warnet. Dia tersenyum ramah dan  mengucapkan terima kasih.

“wah, asyik donk, bener nih gratis. Saya boleh ikut datang enggak? “ Tanya seorang gadis yang orang tuanya mendapatkan undangan makan.

“Silahkan Anda sekeluarga datang ke rumah saya untuk menikmati hidangan gratis dari saya.”

Demikian saya mengundang orang-orang.  Dari seribu orang yang gembira menerima undangan saya, saya ketemu satu orang yang sikapnya tidak menyenangkan. Operator warnet itu memiliki karakter “manusia langka”. Sayangnya kelangkaannya tidak bersifat positif. Apakah anda pernah menghadapi orang seperti operator warnet tersebut.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Ratno Golan

Re:pertanyaan yang menjengkelkan
« Jawab #1 pada: Juli 20, 2012, 11:02:25 AM »
buanyak banget undangannya ampe ribuan, maksudte abis hajatan ya kang,     btw kayanya ini semacam sentilan deh..
 

Offline Sandy_dkk

Re:pertanyaan yang menjengkelkan
« Jawab #2 pada: Maret 03, 2013, 09:17:34 PM »
 :D
mungkin undangannya harus pakai proposal kang, bukan undangan biasa...
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Offline hayakoen

Re:pertanyaan yang menjengkelkan
« Jawab #3 pada: Agustus 10, 2013, 09:46:23 AM »
mirip seperti pengalaman saya, malah ditanyain makanan apa aja?  :angry:
haya asshidqi
 

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9522
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 480
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:pertanyaan yang menjengkelkan
« Jawab #4 pada: Pebruari 14, 2018, 07:55:57 AM »
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
1293 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 06, 2012, 10:33:02 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
4036 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 14, 2012, 06:48:12 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
616 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 14, 2014, 07:16:52 PM
oleh Kang Asep
3 Jawaban
1019 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 01, 2015, 04:58:46 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
858 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 23, 2015, 03:41:49 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
521 Dilihat
Tulisan terakhir September 15, 2015, 08:07:14 AM
oleh Kang Asep
8 Jawaban
1177 Dilihat
Tulisan terakhir September 30, 2015, 08:21:47 PM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
765 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 15, 2016, 09:12:53 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
684 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 24, 2016, 01:40:18 PM
oleh Sultan
2 Jawaban
714 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 20, 2016, 10:59:23 PM
oleh Sandy_dkk

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan