Penulis Topik: Obat Sakit Cinta  (Dibaca 13 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9592
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 483
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Obat Sakit Cinta
« pada: Mei 17, 2018, 09:21:08 AM »
Namanya Seruni. Dia jatuh hati pada saya. Tapi saya, benar-benar tak pernah ada hati sama dia. Namun,.. Saya merasa kasihan.. Mengingat betapa saya dahulu merasakan betapa sakitnya saat cinta bertepuk sebelah tangan. Karena itu, sebagai pemuda yang masih single, saya tidak berani menyakiti Seruni dengan menolaknya secara langsung. Tapi ah.. Ya.. Saya punya cara agar Seruni mau melupakan dan meninggalkan saya, tanpa harus merasakan sakit hati.

Hujan rintik-rintik, seruni membukakan payungnya,"Aa mari saya antar pulang."

"Tidak usah, Uni.. Hujannya kecil ini." jawab saya. Lagian, kami ini bubar dari pengajian, masa iya santri bergandengan sepayung berdua dengan cewek.

Dasar keras kepala, sudah dibilang gak usah, Seruni masih saya nekat mengantar saya pulang dengan payungnya. Aduh... Rasa tidak enak. Lagian nanti, bagaimana kalau sampai ustadz dengar, saya pasti ditegur dan malu.

"Mampir dulu !" tawaran basa basi sesampainya di rumah.

Eh.. Seruni malah mau mampir,"e iya.. Saya mampir dulu sebentar ya .."

Duduk bersama di ruang tamu. Seruni omongannya nyerempet-nyerempet ke hal-hal yang sensasional. Hmm.. Saya gak tertarik. Diam saja, dan hanya jawab seperlunya.

"Eh.. Ni.. Kamu pernah baca buku ilmu logika enggak ?" tanya saya.

"Enggak.. Apaan tuh..?" tanya Seruni.

"Itu.. Ilmu yang mempelajari tentang tata cara berpikir." saya menjelaskan.

Saya coba ngajak seruni diskusi tentang ilmu logika. Eh dia maunya ngomongin yang lain,"A,. Kalau saya men ke sini, kira-kira ada yang marah enggak ya ?"

"Ada.. " saya bilang

"Oh.. Siapa tuh.. Aa udah punya pacar ya ?"

"Enggak sih. Saya gak punya pacar. Tapi yang marah bapak saya, kalau dia lagi lesehan di depan sana, trus kamu kakinya keinjek sama kamu, pasti dia marah. He...he.. " jawab saya.

"Ye.. Si Aa,.. Kirakn serius.. " Seruni.

"Ilmu logika itu terdiri dari tiga bab pokok, yang pertama bab tentang term, kedua bab tentang proposiai dan ketiga bab tentang syllogisme." balik lagi ke topik logika.

"Ah.. Si Aa ngomongin ilmu logika melulu. Saya mah cewek atuh A, kebanyakan pakai perasaan bukan logika." Seruni protes.

"Nah itu juga cuma perasaan. Faktanya, cewek juga banyak pake logika." kata saya.

"Ah masa sih A. Contonya bagaimana ?" tanya Seruni.

Saya jawab sambil tanya,"contihnya soal kamu nganterin saya. tadi kamu mau nganterin saya, alasan nya kenapa ?"

"Supaya Aa gak kehujanan." jawab Seruni.

"Kenapa saya gak boleh kehujanan ?" tanya saya lagi.

"Supaya Aa gak sakit." jawab Seruni dengan senyumnya.

"Nah .. Itu kamu pake logika. Iya kan ?" tanya saya.

"Eh.. Iya..iya.. " Seruni terlihat gerogi.

"Jika orang kehujanan, maka orang akan sakit. Betul enggak ?" tanya saya.

"Betul". Seruni.

" Supaya tidak sakit kena hujan, maka orang harus pakai payung. Betul ?" tanya saya lagi bertubi.

"Betul".

" dan karena saya orang yang gak bawa payung, jadi mesti kamu payungi betul ?" pertanyaannya udah ngaco... Tapi Seruni terus aja jawab dengan serius.

"Betul".

" Terus Si Tarman itu juga tadi gak bawa payung. Dan dia juga orang. Jadi, jika hujan, si Tarman kehujanan. Bila si Tarman kehujanan, maka dia akan sakit. Trus.. Kenapa kamu tidak payungi dia ? Coba pikir ? Kalau kamu ketemu jawabannya, itu berarti kamu sudah pake logika kamu."

"O iya.. Ya.. Eh...gak tau ah... Kalau ngomongin logika, pusing saya." jawab Seruni.

Tapi saya gak mau berhenti,"Yuk kita lanjut membahas soal apa itu yang disebut modus berpikir. Kamu tau apa itu modus ?"

"Ih.. Si Aa.. Nyindir saya ya ? Tadi itu bukan modus Aa, saya tuh cuma kasihan, aa kalau kehujanan nanti sakit."

"Ye.. Ini bukan bahas kamu.. Ini bahas tentang pelajaran logika... Ntar saya lihatin bukunya... Nih... Kamu baca.. Ini ada pasal tentang modus berpikir, iya kan ?" saya tunjukan halaman yang bahas tentang modus berpikir.

"O iya.. " kata Seruni.

Sejak saat itu, setiap kali Seruni ke rumah saya ajak diskusi tentang ilmu logika saja. Sampai tiba-tiba, Seruni menghilang. Dia tak terlihat lagi di majelis taklim.

Hingga 7 tahun kemudian, saya tak sengaja bertemu Seruni di Puskesmas. Dia menggendong anaknya yang masih bayi. Setelah ngobrol ngalor ngidul, saya iseng bertanya,"Run.. Inget enggak dulu sewaktu kamu sering maen ke rumah saya ?"

"Iya.. Ih.. Si Aa orangnya ngebosenin, tiap ketemu yang diomongin ilmu logika melulu." Seruni tampak kesal.

Saya ngakak,"ha.. Ha... Itu kan sengaja. Kalau dulu kita gak bahas logika, gimana caranya kamu bakal bisa bikin anak bayi secantik ini ?"

"Lha... Apa hubungannya logika sama bikin anak ?" tanya Seruni, jidatnya berkerut.

"Temukan saja jawabanya. Kalau udah ketemu, berarti kamu udah pandai pake logika.

" uh.. Dasar.. Kamu kayak gitu.. Gak berubah dari dulu." tukas Seruni.

Dalam hati saya tertawa,"kalau di gak dibikin bosan ama saya, trus cinta setengah mati, tapi saya setengah mati sama dia gak cinta. Trus, dia sakit gara-gara cinta. Kalau mati beneran gimana ? Mana bisa dia bikin anak. Nah itu logikanya, logika Semprul,.. he..he.. "

Sudah terbukti, ilmu logika jadi obat dari sakit cinta. :57:
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
12 Jawaban
5137 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 03, 2012, 05:50:44 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
620 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 22, 2013, 01:32:50 PM
oleh xhann
0 Jawaban
382 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 29, 2013, 09:38:03 AM
oleh handayani
0 Jawaban
532 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 15, 2013, 12:15:32 PM
oleh handayani
0 Jawaban
541 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 16, 2014, 08:47:01 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
375 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 15, 2015, 11:18:55 AM
oleh joharkantor05
0 Jawaban
392 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 03, 2015, 11:29:44 AM
oleh joharkantor05
0 Jawaban
274 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 18, 2016, 04:36:51 PM
oleh masdoni
0 Jawaban
102 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 06, 2016, 11:20:04 AM
oleh sebarblog
1 Jawaban
206 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 02, 2016, 10:49:31 PM
oleh Monox D. I-Fly

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan