Penulis Topik: Menolak Hinaan  (Dibaca 48 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9589
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Menolak Hinaan
« pada: Maret 11, 2018, 06:10:07 AM »
Namanya Lestari. Saya memanggil nya Tari. Dia sering curhat tentang kesakitan hatinya, bahwa dia tidak tahan dengan penilaian yang buruk dari orang-orang terhadap nya. Ya, .. saya memaklumi, tidak ada orang yang suka diberi penilaian yang buruk, terutama menyangkut kepribadian. Namun saya selalu berdoa, semoga saya dapat menerima sepenuhnya penilaian orang-orang terhadap saya, apakah penilaian baik maupun buruk. Semoga saya tidak gembira karena pujian dan tidak bersedih karena hinaan. Karena sejatinya, kita tidak akan pernah menderita karena penilaian orang lain, atau karena hinaan. Tetapi penolakan terhadap penilaian penilaian itulah yang dapat membuat kita bersedih. Seperti yang kulihat pada Lestari.

Sebagai sahabat, saya memberi nasihat, "Jangan menggantungkan harapan pada seseorang lebih dari apa yang dapat diberikan nya. Jangan menyerahkan kunci kebahagiaan kita pada orang lain. Bergembiralah dalam setiap gerak langkah, nikmatilah setiap tarikan dan hembusan nafas, demikian seterusnya hingga maut menjemput kita. Jangan kita menyibukkan hati kita dengan rasa penolakan terhadap penilaian yang diberikan orang lain. Izinkanlah orang lain menilai diri kita seperti yang dikehendakinya. Dan janganlah kita melekatinya. Biarkan semuanya berlalu menurut jalannya sendiri. Lupakan apa yang baru saja terjadi, karena kita harus menghadapi hal baru yang saat ini terjadi. Hujan yang turun dengan lebatnya ini, gemericik air di atas genting, sejuknya udara yang kita rasa, nikmatnya setiap tarikan dan hembusan nafas, jangan sampai kita lewatkan dengan berhenti di masa lalu. Bangun, sadarlah ! Apa yang terus menerus kamu tolak itu telah berlalu, lenyap ditelan masa. Hadirlah di sini saat ini bersama saya."

Lestari bertanya,"Apakah tak wajar, bila saya sakit hati atas sikap orang lain yang tidak menghormati saya ?"

"Itu wajar. Disebut wajar. Bahkan sangat wajar. Atau disebut juga biasa, sangat biasa. Tapi, apabila hati mu tidak terganggu oleh sikap orang yang tidak menghormati mu, itu disebut luar biasa." Demikian jawab saya.

Lestari termenung, kemudian berkata,"Bagaimana kalau kiranya kang Asep sendiri mengalami hal seperti yang saya alami, dibully misalnya. Dapatkah kang Asep tetap menghormati mereka, bersikap seolah-olah tak ada apapun terjadi ?"

"Belum tentu bisa. Barangkali saya akan seperti kamu, merasa sedih dan sakit hati, atau bahkan marah dan membenci mereka. Tetapi saya sangat berharap dapat melaksanakan seperti apa yang aku nasihatkan kepadamu, tetap sabar, tetap hormat, tetap menerima sepenuhnya apapun perlakuan orang lain terhadap saya. Semoga Tuhan memberi saya kekuatan untuk itu." Jawab saya.

"Bukankah kita ini bodoh, kalau dihina orang lain terus kita diam saja ?" Tanya Lestari.

"Betul. Itu bodoh, bodoh sekali. Karena itu, apabila ada orang yang menghina kita, maka jangan diam saja. Tapi balas lah. Balaslah dengan kebaikan ! Balaslah dengan kasih sayang ! Balaslah dengan senyuman." Kata saya.

"Saya tidak yakin Kang Asep sendiri dapat melakukan hal seperti itu." Sanggah Lestari.

Saya setuju dengan nya, "Bahkan saya sendiri tidak yakin mampu melakukan hal itu. Tapi, itu adalah cita-cita saya. Karena alangkah bahagianya hidup, bila kita dapat menerima segala takdir yang harus menimpa kita. Apakah kebahagiaan hidup seperti ini tidak menjadi cita-cita dalam hidupmu ?"

Tapi Lestari punya prinsip tersendiri, "Saya rasa, itu cita-cita yang terlalu ideal. Mustahil dicapai. Kalau saya mah normal-normal saja. Kalau diledek orang, ya marah lah."
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
18 Jawaban
3911 Dilihat
Tulisan terakhir November 12, 2015, 02:21:24 PM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
1712 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 26, 2014, 03:10:45 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
543 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 12, 2014, 12:58:30 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
1217 Dilihat
Tulisan terakhir November 30, 2014, 07:22:11 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
641 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 13, 2014, 04:32:15 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
527 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 05, 2015, 05:45:22 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
489 Dilihat
Tulisan terakhir September 09, 2015, 08:14:01 AM
oleh Kang Asep
3 Jawaban
692 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 17, 2016, 07:58:45 PM
oleh Sandy_dkk
0 Jawaban
439 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 10, 2016, 11:17:39 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
209 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 01, 2017, 02:52:55 PM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan