Penulis Topik: Dampak Negatif Minuman Alkohol bagi kesehatan  (Dibaca 51982 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Awal Dj

  • Logicer
  • *****
  • Tulisan: 503
  • Total likes: 9
  • Jenis kelamin: Pria
  • Keep On smile And Do It
    • Lihat Profil
    • http://bloggawaldjaloly.blogspot.com/2010/05/smk-plus-almaarif-singosari-semakin.html
Dampak Negatif Minuman Alkohol bagi kesehatan
« pada: Pebruari 21, 2013, 11:38:22 AM »
 >: >: >: >: >: >: >: >: >:
Mengonsumsi minuman beralkohol kini sudah menjadi bagian gaya hidup dari sebagian masyarakat. Saat ini, minuman beralkohol cukup mudah ditemui di warung-warung tertentu. Padahal seharusnya minuman memabukkan ini hanya bisa ditemui di tempat-tempat khusus yang mengantongi izin.

Selama ini dampak negatif dari konsumsi alkohol yang paling banyak diketahui orang adalah mabuk semata, dan itupun dapat hilang dengan sendirinya. Tapi ternyata efek negatif itu tidak berhenti sampai disitu saja.Tak sekedar menyebabkan mabuk, alkohol juga memiliki dampak negatif lain yang bisa membuat tubuh anda kewalahan.

Apakah Minuman Keras Itu?
Minuman keras atau sering disebut sebagai minuman beralkohol adalah minuman yang mengandung zat etanol. Etanol adalah zat/bahan yang bila dikonsumsi akan menurunkan tingkat kesadaran konsumennya (mabuk). Minuman keras ini akan menyerang saraf otak manusia dan merusaknya secara perlahan. Yang lebih parah adalah minuman keras ini memiliki zat adiktif, yaitu zat yang apabila dikonsumsi akan membuat orang tersebut merasa ingin terus mengkonsumsinya dan akhirnya malah merasa bergantung pada minuman keras.

Berikut ini adalah pengaruh buruk akohol bagi kesehatan, beberapa mungkin belum anda ketahui sebelumnya:

@ Mabuk: Konsumsi alkohol yang banyak dapat membuat mabuk dan menyebabkan korban mengalami sakit kepala, mual, muntah serta nyeri pada bagian tubuh tertentu.

@ Berat badan naik: Karena pada umumnya minuman beralkohol memiliki kadar kalori dan gula yang tinggi.

@ Tekanan darah tinggi: Alkohol merupakan pemicu tekanan darah.

@ Alkohol dapat  Mengganggu fungsi hati, yang mampu mengakibatkan penyakit hepatitis.

@ Sistem kekebalan tubuh menurun: Dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, maka tubuh anda akan mudah terserang infeksi.

@ Gangguan jantung

Minuman keras mempunyai kemampuan merusak sel-sel tubuh, termasuk organ jantung. Akibatnya kinerja jantung pun akan terganggu dan tidak optimal. Gejala yang paling banyak dirasakan adalah detak jantung terasa cepat dan saat jantung mulai melemah, dada akan terasa sesak, nafas juga seperti tersumbat. Hal ini jika dibiarkan terus-menerus akan menyebabkan kematian. 

@ Kerusakan saraf

Meminum minuman keras tidak hanya memabukkan, bila diminum secara rutin dalam jumlah yang banyak, akan mulai mengganggu kinerja saraf otak lalu merusaknya secara perlahan. Akibatnya, manusia kehilangan kesadaran, keseimbangan dan akal sehatnya. Bahkan, jika diminum sampai over dosis akan menyebabkan kematian.

@ Mengganggu metabolisme tubuh
Minuman keras juga dapat mengganggu proses metabolisme tubuh. Salah satu organ yang paling banyak dirusak adalah hati. Sel-sel hati yang rusak akan membuat kinerja menurun. Hati adalah organ yang fungsinya menyerap dan menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Bila rusak, tentu saja racun di dalam tubuh akan menyebar dan mengakibatkan kesehatan memburuk.

@ Menyebabkan gangguan pada ibu hamil

Orang biasa saja tidak boleh meminum minuman beralkohol, apalagi wanita yang tengah hamil. Bila ibu hamil mengkonsumsi minuman ini, yang terjadi selanjutnya adalah bayinya akan lahir cacat. Janin menerima nutrisi dari apa yang dikonsumsi ibunya. Bila ibu hamil meminum minuman keras, alkohol ini akan masuk ke dalam tubuh dan akhirnya ikut terserap oleh si janin. Alkohol akan merusak sel-sel janin yang masih muda, sehingga janin akan rusak dan terlahir cacat.

@Mengganggu fungsi reproduksi (seksual)
Meminum minuman keras akan menyebabkan serangkaian gangguan seksual, misalnya turunnya gairah seks, atau impoten pada pria

@ Gangguan jiwa
Yang dimaksud gangguan jiwa bukan berarti menjadi gila, walau tidak menutup kemungkinan bahwa seorang alkoholik bisa saja menjadi tidak waras. Gangguan kejiwaan pada alkoholik adalah turunnya tingkat sosialisasi, menjadi lebih pendiam, selalu ketakutan, gelisah, konsentrasi menurun, emosional dan mudah tersinggung..

@ Kecerdasan menurun
Ada orang yang tadinya pintar menurun kecerdasannya, ini dikarenakan suka meminum minuman keras. Minuman keras ini di samping membahayakan bagi kesehatan tubuh, juga membahayakan bagi kecerdasan otak manusia. Di antaranya mengurangi daya ingat, suka pelupa, pikiran menjadi buntu.

Begitu berbahayanya Alkohol dan minuman beralkohol bagi kesehatan ini seharusnya membuat kita sadar untuk tidak mengkonsumsi minuman beracun tersebut. Ingat bahwa Alkohol adalah salah satu penyebab kematian terbesar di dunia, baik karena menjadi penyakit, maupun akibat kecelakaan, over dosis dan sebagainya , Maka sayangilah tubuh anda
 :) :) :) :) :)
 

Offline danijaya

Re:Dampak Negatif Minuman Alkohol bagi kesehatan
« Jawab #1 pada: Juni 27, 2016, 09:52:33 AM »
minuman beralkohol memang tidak bagus untuk kesehatan tubuh ,...

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
1358 Dilihat
Tulisan terakhir April 08, 2013, 09:53:22 AM
oleh Awal Dj
1 Jawaban
1409 Dilihat
Tulisan terakhir September 10, 2015, 12:01:33 AM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
940 Dilihat
Tulisan terakhir April 20, 2015, 09:16:33 AM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
748 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 02, 2016, 09:40:14 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
516 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 27, 2016, 06:39:00 PM
oleh Kang Asep
3 Jawaban
417 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 27, 2017, 09:46:51 PM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
503 Dilihat
Tulisan terakhir September 02, 2016, 02:20:45 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
243 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 25, 2017, 05:32:27 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
148 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 15, 2017, 02:23:55 PM
oleh aralia
0 Jawaban
45 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 28, 2017, 03:23:03 AM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan